10 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan Tanpa Korset

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 30 September 2021 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 30 481 2479275 10-cara-mengecilkan-perut-setelah-melahirkan-tanpa-korset-0esoOt2mgc.jpg 10 cara mengecilkan perut setelah melahirkan (Foto: Boldsky)

ADA 10 cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang bisa dicoba para bunda. Meski sang buah hati sudah lahir ke dunia, namun para bunda mungkin masih khawatir karena perut yang belum kembali ke posisi normal.

Hal ini wajar, karena kulit kita merupakan bagian tubuh yang elastis, membesar selama 9 bulan tidak serta-merta kulit juga bisa menyusut seketika setelah melahirkan.

Tapi jangan khawatir, karena bunda bisa mencoba 10 cara berikut ini untuk mengecilkan perut pasca melahirkan, sebagaimana dilansir dari laman Healthy Women pada Kamis (30/9/2021).

Beri Dirimu Istirahat

10 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

(10 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan, Foto: Boldsky)

Ini membutuhkan waktu. Meskipun tampaknya bintang film menurunkan berat badan pasca-kehamilan mereka dalam seminggu, pada kenyataannya itu tidak terjadi secepat atau semudah itu.

Tubuh Anda telah mengalami perubahan besar selama sembilan bulan terakhir; jangan berharap kulit bisa dengan singkat menyusut dengan sendirinya.

Menyusui

Jika memungkinkan untuk Anda dan bayi Anda, menyusui membuat lebih mudah untuk menurunkan berat badan pasca kehamilan (Anda dapat membakar hingga 500 kalori ekstra sehari).

Bergerak

Pastikan untuk berbicara dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang kapan yang aman untuk mulai berolahraga lagi setelah kehamilan Anda. Saat tiba waktunya untuk bergerak, ambil langkah kecil untuk memulai.

Coba berjalan-jalan di sekitar lingkungan atau cari kelas lokal seperti yoga atau aerobik pasca melahirkan, atau bahkan ajak bayi Anda jalan-jalan dengan kereta dorong. Cobalah untuk mendapatkan 30 menit setidaknya tiga kali seminggu.

Baca Juga : Cara Kecilkan Perut ala Yulia Baltschun, Lingkar Pinggang Berkurang Drastis

Makan dalam porsi kecil, namun sering

Jika Anda menunggu sampai lapar, kemungkinan besar Anda akan mengonsumsi terlalu banyak kalori. Hindari makan berlebihan dan jaga metabolisme Anda tetap seimbang dengan makan lima hingga enam porsi kecil sepanjang hari.

Ganti camilan dengan buah

Ganti camilan manis dengan buah-buahan untuk memuaskan keinginan manis itu. Simpan buah dan sayuran yang sudah dicuci dan dipotong agar mudah disajikan jika lapar.

Cobalah anggur beku atau apel dengan selai kacang sebagai alternatif yang memuaskan. Isi lemari es Anda dengan makanan ringan berserat tinggi dan rendah lemak dan buang keripik dan es krim. Jika tidak ada, Anda tidak akan memakannya.

Pikirkan ke Depan

Mungkin sulit untuk menemukan waktu untuk menyiapkan makanan dengan bayi baru di rumah. Alih-alih membawa makanan untuk dibawa pulang, luangkan beberapa jam pada hari Minggu untuk menyiapkan makanan, lalu bagilah menjadi beberapa porsi dan bekukan.

Mintalah keluarga dan teman untuk membantu Anda memulai. Ini bisa lebih mudah jika Anda memiliki tempat untuk bayi melihat Anda bekerja di dapur, maka memasak adalah urusan keluarga sejak awal!

Konsumsi makanan berserat

10 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

(10 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan, Foto: Boldsky)

Jaga agar segala sesuatunya tetap bergerak dan tetap kenyang lebih lama dengan diet tinggi serat. Makan banyak makanan berserat larut seperti oatmeal, buah-buahan segar dan sayuran. Pilih roti dengan setidaknya tiga gram serat makanan per irisan, pasta gandum utuh, dan beras merah

Makan Protein Tanpa Lemak

Ganti daging berlemak dengan pilihan yang lebih ramping seperti ayam dan ikan. Salmon juga merupakan sumber Omega-3 yang hebat, yang telah terbukti mengurangi peradangan dan membantu menurunkan berat badan.

Wanita dengan bayi menyusui harus membatasi asupan tuna hingga 6 ons. seminggu dan hindari ikan todak, karena kekhawatiran tentang kadar metil merkuri.

Minum banyak air

Air itu ibarat oli yang membuat roda berputar dengan mulus. Hidrasi sangat penting untuk menurunkan berat badan, membantu pencernaan dan menekan nafsu makan Anda.

Jika Anda dapat menekan kulit Anda dan tidak cepat kembali, Anda mungkin mengalami dehidrasi. Karenanya, minumlah setidaknya delapan gelas sehari.

Mintalah dukungan

Mintalah bantuan, apakah itu berbicara dengan keluarga Anda tentang menjauhkan junk food dari rumah atau berkonsultasi dengan ahli nutrisi untuk membuat rencana diet yang lebih spesifik.

Lihat apakah pasangan Anda dapat mengawasi bayi saat Anda berjalan-jalan atau tidur siang (jangan meremehkan kekuatan tidur nyenyak). Dan pastikan Anda mendapatkan dukungan emosional yang Anda butuhkan juga, karena kita semua tahu bahwa perasaan sedih sering kali sama dengan segelas es krim.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini