10 Makanan yang Harus Dihindari saat Diet, Bikin Gagal Langsing!

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 30 September 2021 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 30 481 2479373 10-makanan-yang-harus-dihindari-saat-diet-bikin-gagal-langsing-XMyHXLsPyv.jpeg 10 makanan yang harus dihindari saat diet (Foto: Boldsky)

ADA 10 makanan yang harus dihindari saat diet. Karena makanan-makanan ini justru membuat berat badan Anda naik.

Memilih menu makanan memang menjadi kunci ketika menjalani diet penurunan berat badan, selain rutin berolahraga tentunya. Lantas, makanan atau minuman apa saja yang harus dihindari?

Berikut 10 makanan yang harus dihindari saat diet, dikutip dari Boldsky, Kamis (30/9/2021):

1. Smoothie dan protein shake

10 makanan yang harus dihindari saat diet

(10 makanan yang harus dihindari saat diet, Foto: Boldsky)

Smoothie dapat meningkatakan risiko obesitas karena kandungan gula dan kalorinya yang sangat tinggi. Beberapa smoothie mengandung hampir 14 sendok teh (55 gram) gula hanya dalam satu botol (450 ml). Sementara protein shake tertentu mengandung hampir 400 kalori per botol (450 ml). Smoothie dan protein shake dapat membuat tubuh dipenuhi kalori dan gula yang berlebihan.

Baca Juga : Sudah Diet dan Olahraga Berat Badan Naik Terus? Kenali 5 Penyebabnya

2. Yogurt rasa dan rendah lemak

Ketika lemak dihilangkan untuk mengurangi kandungan kalori produk tertentu, gula biasanya ditambahkan untuk meningkatkan rasa. Banyak yogurt rendah lemak yang sarat dengan gula tambahan, yang tidak baik untuk menurunkan berat badan atau kesehatan secara keseluruhan. Satu cangkir (225 gram) yogurt vanila rendah lemak Yoplait mengandung lebih dari 7 sendok teh (29 gram) gula.

3. Jus segar

Kebanyakan jus buah mengandung gula tinggi. Minum jus buah segar secara teratur dapat berkontribusi pada konsumsi kalori berlebih, yang dapat menyebabkan bertambahnya berat badan. Pilih jus yang sebagian besar mengandung sayuran non-tepung seperti kangkung dan buah-buahan rendah gula seperti lemon untuk mengontrol asupan kalori.

4. Sereal rendah kalori

Sereal rendah kalori sering kali sarat dengan tambahan gula. Ditambah lagi banyak sereal rendah kalori kekurangan protein dan lemak sehat yang membantu seseorang merasa kenyang. Penelitian pada 30 pria menunjukkan bahwa sarapan telur dan roti panggang memberikan rasa kenyang yang lebih besar dan membuat kalori yang dikonsumsi secara signifikan lebih sedikit sepanjang hari daripada sereal.

5. Buah kering

Buah kering dikemas dengan serat, vitamin dan mineral. Namun karena buah kering lebih kecil dan lebih manis daripada buah segar, maka buah ini sering dimakan secara berlebihan. Buah kering mengandung lebih banyak gula dan kalori daripada buah segar dalam jumlah yang sama.

Mengonsumsi 50 gram mengemil buah kering adalah cara terbaik untuk menghindari makan terlalu banyak. Meski buah kering lebih aman, namun buah segar adalah pilihan yang lebih sehat.

6. Selai kacang

10 makanan yang harus dihindari saat diet

(10 makanan yang harus dihindari saat diet, Foto: Boldsky)

Selai kacang bisa menyehatkan bila Anda mengonsumsinya dalam jumlah sedang. Jika selai kacang yang Anda konsumsi hanya mengandung kacang tanah dan kacang panggang dan sedikit garam maka itu benar-benar sehat. Bahkan, makan kacang telah terhubung dengan kesehatan dan penurunan berat badan yang lebih baik.

Namun, selai kacang yang paling sering dijual mengandung banyak garam, minyak sayur terhidrogenasi, dan gula tambahan, yang membuatnya tidak sehat.

7. Kentang

Kentang adalah salah satu sayuran yang paling umum dimakan oleh manusia. Kebanyakan orang percaya bahwa kentang penuh dengan karbohidrat dan pasti akan menyebabkan kenaikan berat badan. Namun, jika Anda memasaknya dengan menggunakan sedikit minyak, dan memakannya direbus maka itu bisa terbukti sehat. Tapi jika Anda memakannya hanya untuk memuaskan dengan menggorengnya atau menggunakan terlalu banyak minyak saat memasak, maka itu terbukti sangat tidak sehat.

8. Soda manis

Soda manis adalah satu hal yang paling berpotensi menggemukkan badan bila dikonsumsi. Minuman manis tidak memiliki nutrisi penting tetapi hanya kalori "kosong". Bahkan jika Anda minum 500 ml minuman tersebut secara teratur, itu bisa membuat Anda mendapatkan lebih banyak lemak. Jadi hindari soda manis atau minuman kaya gula lainnya.

9. Minyak sayur

Kebanyakan orang menggunakan minyak sayur untuk memasak makanan dan ini adalah salah satu alasan mengapa berat badan Anda bertambah. Terlalu sering mengonsumsi ini juga bisa membuka pintu untuk masalah kesehatan lainnya seperti penyakit jantung, kanker, dan sebagainya. Minyak sayur diekstraksi mengikuti proses kimia, mereka sangat tidak sehat dan bisa menggemukkan.

10. Makanan olahan

Kesibukan seseorang membuat mereka tidak menemukan waktu untuk memasak dan mulai bergantung pada makanan olahan yang bisa menyebabkan kegemukkan. Makanan ini tentu sangat berbahaya bagi Anda. Makanan ini sangat berlemak dan sangat sulit untuk menjauhkan makanan semacam ini tanpa tekad yang kuat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini