Share

Ada Varian Baru R.1, Dokter Tirta Sarankan Tak Khawatir daripada Jadi Gerd

Calista Angelina, Okezone · Kamis 30 September 2021 03:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 30 612 2478996 ada-varian-baru-r-1-dokter-tirta-sarankan-tak-khawatir-daripada-jadi-gerd-ozvTptbeOg.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SELAMA persebaran Vaksin Covid-19 belum merata, maka kemungkinan adanya varian baru yang bermutasi akan tetap tinggi. Seperti yang baru-baru ini mendapatkan perhatian, yakni varian R.1 dan Mu. 

Mutasi virus corona yang terus berkembang ini mengkhawatirkan masyarakat. Di tengah kekhawatiran tersebut, banyak juga yang bertanya pada dr Tirta, hingga akhirnya dia membuat video penjelasan di akun Tiktoknya @tirtacipeng. 

Pada video terbarunya, dr Tirta mengungkapkan varian dan mutasi itu akan terus terjadi jika terus ada penularan. “Solusinya tetap waspada, semua itu bisa dicegah kalau kalian pola hidup sehat, jaga diri, jaga kebersihan diri dengan cuci tangan dan kaki,” katanya.

Dokter Tirta juga menjelaskan, dengan sudah melakukan vaksin, masyarakat tetap harus hidup sehat dan bersih. 

“Kalau ada gejala enggak enak badan ke Puskesmas. Alhamdulilah sekarang kita covid sudah mulai terkontrol tapi jangan euforia dulu. Hiduplah sehat, mencegah lebih baik daripada mengobati,” pesan dr Tirta dalam videonya. 

Pesan lainnya, jangan panik berlebihan karena ditakutkan kecemasan dan kekhawatiran itu dapat memicu GERD (gastroesophageal reflux disease) atau lebih dikenal dengan naiknya asam lambung. Walaupun diminta untuk tidak cemas berlebihan, dr Tirta juga berpesan agar masyarakat tidak terlalu abai karena nanti takutnya malah angka penularan naik lagi. 

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini