Share

Hobi Masak, Hilangkan Stress dan Tingkatkan Kualitas Hubungan Keluarga di Masa Pandemi

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Kamis 30 September 2021 14:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 30 612 2479309 hobi-masak-hilangkan-stress-dan-tingkatkan-kualitas-hubungan-keluarga-di-masa-pandemi-3UkmrCCWLk.jpg Knife (Foto: Ist)

Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung hampir dua tahun ini menimbulkan gangguan kesehatan mental bagi banyak orang.

Meningkatnya angka penderita gangguan mental di masa pandemi antara lain terkonfirmasi melalui hasil penelitian Centre of Applied Psychometrics Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Penelitian pada Juli 2020 atau 5 bulan setelah pandemi tersebut melibatkan 994 responden di seluruh Indonesia.

Salah satu yang diukur adalah dampak psikologis masyarakat akibat pandemi. Hasilnya, 74,9% responden mengalami stres, 21,5% gangguan kecemasan, dan 3,5% depresi.

Setelah hampir dua tahun ini, masalah kesehatan mental bukan tidak mungkin menjadi lebih buruk. Misalnya, orang yang tadinya hanya stres, kini berubah cemas, dan yang awalnya cemas meningkat menjadi depresi.

Psikolog dan Akademisi dari Universitas Indonesia, Dr. Rose Mini Agoes Salim M.Psi mengatakan kecemasan luar biasa yang berujung pada stress itu dapat berdampak terhadap keluarga.

“Semasa pandemi, memang banyak orang yang mengalami kecemasan yang luar biasa hingga menimbulkan stres yang turut berdampak pada keluarga. Menghilangkan stres atau kecemasan ini dapat dilakukan dengan menciptakan banyak kegiatan yang menyenangkan,” kata Dr. Rose.

Dr. Rose Mini Agoes Salim M.Psi. mengatakan, salah stau kegiatan yang dapat dilakukan adalah mengeksplorasi masakan atau menyiapkan makanan sendiri, yang juga memberikan banyak nilai lebih bagi individu di masa pandemi. Salah satu manfaatnya, yaitu peningkatan kualitas hubungan keluarga di rumah dan menghilangkan stres atau kecemasan.

Penyanyi Isyana Sarasvati mengaku, dengan mengeksplorasi masak-memasak ia menjadi jago memasak dan sang suami, Rayhan Maditra Indrayanto makin menyukai masakan-masakannya, terutama pasta steak dan nasi goreng ala Isyana.

"Iya dong (masak), selama masa pandemi juga aku emang suka mengeksplorasi masak-memasak, jadi makin jago," kata Isyana dikutip pada Kanal Youtube Starpro Indonesia, Senin (19/4/2021).

"Jadi aku masakin, alhamdulillah dia paling suka kalau aku masakin pasta steak dan nasi goreng ala Isyana," imbuhnya.

Nah, bagaimana dengan Anda? Jika Anda ingin menghilangkan kecemasan dan meningkatkan kualitas hubungan dengan keluarga, coba pakai Exclusive eMShop x Locknock 8in1 Knife Set untuk memasak.

 knife

Exclusive eMShop x Locknock 8in1 Knife Set terdiri dari vegetable knife, meat knife, multi-purpose knife, scissor, paring knife, knife rest, dan chopping board, yang masing-masing fungsinya sebagai pemotong sayuran, pemotong daging, sebagai pisau serbaguna, sebagai gunting, untuk mengupas, mengiris, memotong buah, dan menjadi talenan. Pisau-pisau tersebut sangat nyaman untuk digunakan dan akan mempermudah Anda dalam memasak.

Exclusive eMShop x Locknock 8in1 Knife Set tidak mengandung zat beracun, sehingga aman digunakan. Bagian pegangan pisau dilapisi plastik lembut sehingga pisau mudah dipakai dan tidak licin. Produk terbuat dari stainless steal, sehingga membuatnya lebih tahan lama untuk menciptakan ketajaman tinggi.

“Exclusive eMShop x Locknock 8in1 Knife Set sangat disarankan karena sangat nyaman digunakan untuk memotong berbagai bahan masakan, pisaunya tajam karena terbuat dari stainless steal berkualitas tinggi. Kami berkomitmen menyediakan produk-produk berkualitas dan sudah teruji.” Ucap Khilqa Putri, Head of Merchandiser eMSHOP.

Untuk tahu lebih lanjut, yuk coba masak Daging Sapi Lada Hitam pakai Exclusive eMShop x Locknock 8in1 Knife Set. Berikut langkah-langkahnya:

Alat dan bahan:

•Exclusive Lock N Lock Knife Set

•300 gr Daging sapi

•¼ bawang Bombay

•4 siung bawang putih

•Cabai sesuai selera

•Saus tomat sesuai selera

•Jamur

•1 lembar Daun bawang

•2 sdm Saus tiram secukupnya

•2 sdm kecap manis

•1 sdm kecap hitam

•½ sdt Penyedap rasa

•½ sdt blackpepper

Cara membuat :

1. Potong daging menjadi dadu menggunakan Exclusive eMShop x Locknock 8in1 Knife Set

2. Cincang halus bawang putih, iris bawang Bombay, cabai dan daun bawang

3. Tumis bawang putih, bawang Bombay, cabai, blackpepper dengan sedikit minyak sampai harum

4. Masukkan daging, penyedap rasa, jamur, saus tomat, saus tiram, kecap manis dan kecap hitam

5. Tambahkan sediit air agar bumbu meresap

6. Masak hingga matang.

Produk Exclusive Lock N Lock Knife Set dapat ditemukan di www.emshop.id atau download applikasi eMShop di Play Store. Anda dapat melihat penawaran produk dan promo lainnya pada laman @officialrcti, @officialmnctv, @officialgtv dan tentunya di @emshop_officials.

eMShop, e-commerce yang berada di bawah MNC Group ini menjadi penyedia kebutuhan sehari-hari terlengkap dan paling mengikuti tren dan minat masyarakat. Selain itu, eMshop juga memiliki keunggulan lain berupa jaminan kualitas produk original dan paket terlengkap dengan harga bersaing. Juga ada diskon pengiriman di seluruh Indonesia serta layanan service 24 jam yang dapat dihubungi di 1500887. Ikuti juga eMSHOP di media social: Facebook (@emshop.official), Twitter (@emshopofficial), Instagram (emshop_officials), dan Tiktok (@emshop_official).

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini