Share

6 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 30 September 2021 21:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 30 612 2479334 6-manfaat-kunyit-untuk-kesehatan-tubuh-apa-saja-4IgdKNoooa.jpg Kunyit (Foto: Times of India)

RUPANYA kunyit jadi bagian tak tergantikan yang dijadikan banyak orang untuk memasak. Ini memberi hidangan warna cerah yang membuatnya menarik secara visual.

Kunyit dikenal karena manfaat kesehatan dan khasiat obatnya yang tak terhitung jumlahnya. Ini mengandung senyawa yang disebut kurkumin, yang tidak hanya bertanggung jawab atas warna kuning cerah kunyit tetapi juga sifat antioksidannya.

Manfaat kunyit tidak hanya terbatas pada dapur. Melansir Times of India, berikut adalah beberapa kegunaan unik kunyit yang akan mengejutkan Anda.

 kunyit

1. Mengobati flu

Dengan sifat anti-inflamasi, antimikroba dan antivirus, kunyit adalah bahan kuat yang membantu dalam pengobatan flu. Campurkan sdt kunyit dengan 1 cangkir susu panas, tambahkan dua sejumput lada hitam dan minum sebelum tidur di malam hari. Dalam dua hari, Anda akan melihat flu Anda membaik. Ramuan ini juga mengobati batuk, pilek dan tenggorokan gatal.

 

2. Mengobati luka

Kunyit dikenal karena khasiat penyembuhannya dan merupakan obat untuk mendisinfeksi dan mengobati luka. Pertama, bersihkan luka dengan lembut dengan sabun dan air. Sekarang keringkan area tersebut dan taburkan sedikit kunyit di atasnya. Tutupi luka dengan plester atau perban. Menggunakan kunyit tidak hanya akan mencegah infeksi tetapi juga akan mengobati luka.

3. Menangkal hama

Jika Anda sering menjumpai hama di sekitar tanaman, maka yang Anda butuhkan hanyalah kunyit dan air. Ambil botol semprot kecil dan isi dengan air, tambahkan 1 sdm kunyit dan kocok hingga tercampur rata.

Semprotkan larutan ini langsung pada tanaman dan terutama area yang dihinggapi hama. Ulangi hal yang sama selama 3-4 hari untuk mengusir hama sepenuhnya.

5. Untuk mengatasi ketombe dan kulit kepala gatal

Jika Anda cukup sering menderita ketombe, maka berikut adalah cara alami untuk mengobatinya. Ketombe merupakan masalah medis yang harus ditangani tepat waktu agar tidak semakin parah.

Ketombe dapat menyebabkan kulit kepala gatal dan cukup sulit diatur. Untuk mengobatinya, cukup campurkan 1 sdm kunyit dengan 4 sdm minyak zaitun dan oleskan campuran ini pada kulit kepala Anda, terutama untuk menutupi akarnya.

Pijat dengan lembut dan biarkan selama 20 menit. Sekarang bersihkan dengan sampo. Ulangi proses ini sekali atau dua kali seminggu selama sebulan dan Anda akan melihat perubahan drastis.

6. Mengobati luka bakar

Kunyit memiliki beberapa sifat penyembuhan luar biasa yang bahkan dapat mengobati luka bakar secara efisien. Campurkan sdt kunyit dengan 2 sdm gel lidah buaya segar dan oleskan campuran ini pada area yang terbakar.

Diamkan sampai benar-benar kering, lalu bilas dengan lembut dengan air dan bersihkan dengan handuk. Ulangi ini dua kali sehari. Pastikan Anda hanya menggunakan gel lidah buaya segar untuk tujuan ini, karena gel lidah buaya kosmetik dapat mengiritasi kulit lebih lanjut.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini