Cek Fakta: Minum Kopi Usai Vaksin Covid-19 Beri Dampak Negatif?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 01 Oktober 2021 00:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 30 612 2479448 cek-fakta-minum-kopi-usai-vaksin-covid-19-beri-dampak-negatif-8yI2StFDPV.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

SALAH satu masalah yang kerap dihadapi untuk mendorong angka vaksin Covid-19 adalah hoax yang beredar di masyarakat. Hoax tersebut pada akhirnya membuat masyarakat khawatir dan tidak berani mendapatkan vaksin.

Salah satu informasi yang belum lama beredar adalah larangan meminum kopi pasca-vaksinasi Covid-19. Dikabarkan, efek samping dari kafein bisa membuat efikasi vaksin yang disuntikan melemah.

Sebagaimana dirangkum dari laman Instagram Bidang Koordinasi Relawan, @satgasrelawan, Kamis (30/9/2021), memastikan bahwa informasi yang beredar di masyarakat tersebut adalah tidak benar atau hoax semata. Unggahan tersebut mencoba memberikan penjelasannya terkait dengan hal ini.

Kopi

Satgas Covid-19 memastikan mengonsumsi kopi pasca-divaksinasi Covid-19 aman untuk dilakukan. Sebab efektivitas vaksin Covid-19 tidak dipengaruhi oleh sesuatu yang dikonsumsi. Jika kondisi tubuh sedang sehat, maka diperbolehkan mengonsumsi makanan apapun dalam batas sewajarnya.

Selain itu, hingga saat ini belum ada penelitian terkait dengan dampak dari mengonsumsi kopi setelah melakukan vaksinasi Covid-19. Namun, ada baiknya hindarilah mengonsumsi kopi pada malam hari sebelum tidur. Sebab akan mengganggu kualitas tidur dan dapat menurunkan imunitas tubuh.

Oleh sebab itu, masyarakat diimbau untuk tidak mudah percaya terhadap pesan-pesan yang beredar dari sosial media, maupun sumber-sumber yang tidak resmi dan terpercaya. Selalu disiplin menaati protokol kesehatan dan jangan lengah.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini