Tidak Hanya Jadi Bawahan Kebaya dan Selendang, Batik Juga Bisa Tampil Sytlish dan Modern

Karina Asta Widara , Jurnalis · Jum'at 01 Oktober 2021 18:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 01 12 2480000 tidak-hanya-jadi-bawahan-kebaya-dan-selendang-batik-juga-bisa-tampil-sytlish-dan-modern-BC0GzIKoFP.jpg Fashion Show "Virus". (Foto: Dok.Mila Meiliasari)

Meski sarat akan nilai sejarah, kini batik menjadi salah satu outfit yang terus berkembang dalam dunia fesyen. Tak hanya untuk penampilan formal, batik juga cocok dikenakan dalam berbagai situasi jika dipadupadankan dengan tepat sehingga membuat batik terlihat lebih simple namun tetap memberi kesan modern. Maka dari itu, sebagai salah satu warisan dan aset budaya, sudah sepatutnya kita berbangga mengenakan batik sebagai pakaian khas Indonesia.

Nah, jika Anda ingin tahu lebih detail tentang padu padan batik agar terlihat stylish dan modern, simak rekomendasinya berikut ini.

1. Cheongsam Batik


 

Foto: Ig @loliwear


Memiliki warna dan motif yang beragam, batik juga ternyata cocok lho jika dibuat menjadi model cheongsam yang merupakan pakaian tradisional Cina. Seperti beragam koleksi yang ditampilkan oleh @loliwear. Model pakaian ini tentu saja bisa dipakai dalam setiap kesempatan, baik pada perayaan Chinese New Year atau pada acara formal lainnya seperti pesta ulang tahun atau bahkan untuk outfit ke kantor.

Baca Juga: Mengenal Tiga Desain Klasik Batik, dari Kawung hingga Parang

2. Jumpsuit

Foto: Ig @jeniaustin.official

Jumpsuit adalah model pakaian kasual berupa atasan dan celana yang menjadi satu, dan biasanya dikenakan dalam berbagai kesempatan baik acara formal maupun informal. Nah, siapa sangka motif batik ternyata sangat cantik, lho jika dibuat model jumpsuit untuk tampilan formal atau kasual Anda. Tidak hanya manis dipakai, bahkan model pakaian ini juga bisa memberikan kesan jenjang pada tubuh Anda.

Nah, ingin punya koleksi batik jumspuit? Anda bisa melihat koleksi dari @jeniaustin.official yang dapat memberikan beragam jenis model jumpsuit cantik yang bisa Anda sesuaikan dengan selera berpakaian Anda.

Seperti yang dikatakan Menparekraf Sandiaga Uno, adanya pandemi Covid-19 memperlihatkan betapa gigihnya masyarakat Indonesia, terutama pelaku ekonomi kreatif untuk berkolaborasi, dan berinovasi di masa pandemi Covid-19 ini. Selain itu, memperlihatkan juga betapa kuatnya potensi pasar dalam negeri di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Saya mendukung penuh berbagai inisiatif yang dapat memajukan brand lokal untuk terus berkembang dan menguatkan satu sama lain. Dengan terus mengedepankan strategi inovasi dan kolaborasi,” ujar Sandiaga Uno.

3. Kaftan Batik

Foto: IG @sentiko_batik

Dalam beberapa tahun ini, kaftan dikenal sebagai salah satu model pakaian andalan untuk hari raya Idulfitri. Gaun tradisional Maroko ini biasanya memiliki motif dan warna yang menarik sehingga sangat cocok dijadikan dikenakan dalam berbagai kesempatan.

Seiring berkembangnya dunia fesyen, motif batik pun kini dibuat menjadi model pakaian kaftan yang cantik. Seperti yang ditampilkan pada koleksi di @sentiko_batik, di sana Anda akan menemukan beragam jenis kaftan batik asli Indonesia yang cantik dengan beragam warna menarik yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan selera Anda.

4. Kulot Batik

Foto: IG @_winkelen_

Padu padan berikutnya adalah kulot batik yang bisa Anda sesuaikan dengan beragam model atasan kasual lainnya. Jika ingin tampil kece dan formal, Anda bisa memadukan kulot batik dengan atasan blouse batik sehingga menciptakan kesan matching yang sempurna.

Namun, jika Anda ingin tampil lebih santai, Anda bisa memadukan kulot batik dengan atasan kaus polos sehingga menciptakan kesan yang lebih santai. Nah, koleksi kulot batik ini bisa Anda dapatkan di @_winkelen_ dan UMKM lainnya yang ada #DiIndonesiaAja.

5. Outer Batik

@ecofashion_danevs

Outer merupakan elemen tambahan dalam satu look yang membuat penampilan Anda terlihat semakin stylish. Salah satu jenis pakaian yang biasa dikenakan di bagian luar ini, umumnya terbuat dari beragam jenis bahan dan motif termasuk motif batik asli Indonesia. Seperti yang ditampilkan oleh @ecofashion_danevs, salah satu UMKM yang bergerak di bidang fesyen yang juga memiliki koleksi batik nan cantik termasuk untuk model outer.

Model ini bisa Anda sesuaikan dengan outfit of the day Anda misalnya untuk pergi ke kantor dan penampilan kasual sekalipun.

Yuk, buruan #BeliKreatifLokal secara online beragam model pakaian batik dengan motif yang Anda sukai! Dengan upaya ini, merupakan bentuk dukungan kita untuk menumbuhkan kembali geliat ekonomi kreatif Indonesia yang selaras dengan momentum Hari Batik Nasional pada tanggal 2 oktober mendatang.

Tampil kece dengan beragam pilihan batik saat keluar rumah bukan berarti Anda mengabaikan protokol kesehatan, ya! Jangan lupa untuk tetap menerapkan 6M sebagai bentuk implementasi aspek #InDOnesiaCARE yaitu, menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, menjauhi kerumunan, dan menghindari makan bersama. Selain itu, bagi Anda yang belum vaksin, segera lakukan vaksinasi agar tercipta kekebalan tubuh dari ancaman virus corona, ya!

Nah, sambil mencari model batik yang cocok untuk Anda, yuk ikutan PUKIS atau Pesona Punya Kuis yang diadakan pada hari Selasa di setiap pekannya!

Cara ikutannya juga mudah, Anda tinggal follow akun Instagram @pesonaid_travel dan like unggahan PUKIS terbaru. Lalu, jawab pertanyaan yang diberikan melalui kolom komentar. Mention juga tiga teman Anda untuk ikut memeriahkan kuis ini. Raih kesempatan untuk memenangkan hadiah menarik.

Enggak hanya itu saja, selain bisa mengikuti PUKIS, dengan follow akun Instagram @pesonaid_travel, Anda juga bisa mendapatkan beragam inspirasi seputar destinasi wisata dan produk kreatif lokal menarik yang ada #DiIndonesiaAja.

(CM)

(Wul)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini