Cara Mudah Membuat Sop Pallubasa Asal Makassar!

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Jum'at 01 Oktober 2021 16:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 01 298 2479925 cara-mudah-membuat-sop-pallubasa-asal-makassar-zH54AIxUsM.jpg Sop (Foto: Ist)

Pallubasa adalah sop yang berisi jeroan dan daging sapi yang direbus lama. Hidangan khas Makassar ini memiliki rasa yang sangat gurih dan nikmat. Biasanya sop pallubasa juga dilengkapi dengan kuning telur yang membuat rasa makin lezat.

Kali ini Christo dan Sisca mengundang seorang chef profesional yang telah memiliki segudang pengalaman yaitu Chef Dedes. Chef Dedes pun mengajari Christo untuk membuat hidangan nusantara khas Makassar yaitu sop pallubasa. Bagi yang sudah penasaran, yuk intip resepnya di bawah!

 sop

Bahan sop pallubasa:

250 gr daging sapi

200 gr hati sapi

1,3 liter air mineral (untuk kaldu sapi dan merebus hati)

30 gr kelapa parut, sangrai hingga berminyak

1 batang serai, memarkan

2 lembar daun jeruk

1 ruas ibu jari lengkuas, memarkan

1 cm kayu manis

4 pcs cengkeh

30 cc air asam jawa

Garam dan lada secukupnya

Penyedap rasa sapi secukupnya

4 sdm minyak goreng untuk menumis

1 buah kuning telur

Bahan bumbu halus:

5 siung bawang putih

8 siung bawang merah

5 buah cabe keriting

2 cm jahe

1sdt ketumbar

½ sdt jinten

Cara membuat:

- Rebus air sampai mendidih, tambahkan garam lalu rebus hati sapi sekitar 30-45 menit, tambah daun jeruk, jahe, dan daun salam. Jika sudah matang, angkat

- Blender cabai, bawang merah, bawang putih, jinten, jahe, dan ketumbar, tumis sampai harum lalu masukkan daun jeruk dan daun salam

- Jika bumbu sudah meletup-letup, tambah lengkuas geprek dan kayu manis, tambah air kaldu daging sambil diaduk, tambah serai geprek

- Potong daging yang sudah matang, masukkan ke kuah sop pallubasa, tambah kelapa parut sangrai, asam Jawa, garam, gula, dan lada

- Jika sudah mendidih, tambah kuning telur omega di atas sop pallubasa

Sebelum coba bikin sendiri, yuk simak tutorial lengkapnya hanya di YouTube channel Christo & Sisca!

https://www.youtube.com/watch?v=iBJcC_X1Mfs

PT Suara Mas Abadi (SMA) dengan label Hits Records adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri rekaman di bawah PT Star Media Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari PT MNC Studios International Tbk.

Hits Records memantapkan fokusnya kepada karya musik bergenre Pop, Folks, RnB, dll. Kesuksesan Hits Records dapat dilihat dari talenta-talenta yang dimiliki, seperti Andmesh Kamaleng, Mahalini Raharja, Nuca, Novia Bachmid, dll.

PT Suara Mas Abadi mengembangkan diri dengan membentuk divisi digital yang diberi nama StarHits dengan fokus untuk monetisasi aset digital MNC group, bekerjasama dengan banyak konten kreator untuk memproduksi konten yang bermutu.

StarHits juga ditunjuk oleh YouTube sebagai MCN (Multi Channel Network). Selain menyediakan layanan dalam pengelolaan konten, StarHits memiliki tujuan untuk mendistribusikan konten secara efektif ke seluruh platform media untuk meningkatkan jangkauan audiens, perlindungan konten atau hak cipta, & monetisasi konten.

Temukan kami di:

Website: https://www.starhits.id/

Facebook: https://www.facebook.com/starhitsidn

Twitter: https://twitter.com/Starhitsid

Instagram: https://www.instagram.com/starhitsid/

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini