Hari Kopi Sedunia: Ini 5 Manfaat Minum Kopi bagi Kesehatan

Siska Permata Sari, Jurnalis · Jum'at 01 Oktober 2021 18:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 01 481 2479846 hari-kopi-sedunia-ini-5-manfaat-minum-kopi-bagi-kesehatan-OPo7x0JHrt.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

TANGGAL 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kopi Sedunia. Hari Kopi Sedunia ini pertama kali diperingati pada tanggal 1 Oktober 2015 oleh Organisasi Kopi Internasional di Milan. Oleh karena itu, hari ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk memesan secangkir kopi favorit Anda.

Secangkir kopi tidak hanya memberikan rasa yang menyenangkan. Tetapi, di balik itu semua, ada manfaat-manfaat kopi yang baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Dengan catatan, tidak ada tambahan gula atau pemanis-pemanis lainnya di cangkir kopi Anda.

Lantas, apa saja sih manfaat sehat dari secangkir kopi? Berikut informasi lengkapnya, dirangkum dari Coffee Science, Jumat (1/10/2021).

Baik untuk kesehatan jantung

Minum Kopi

Kabar baik untuk peminum kopi. Minuman favorit Anda ini rupanya memberikan dampak yang baik kepada jantung Anda. Berdasarkan studi yang melibatkan lebih dari 37.000 individu selama 13 tahun, ditemukan bahwa konsumen kopi moderat memiliki 20 persen pengurangan risiko penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang peminum ringan, berat, dan bukan peminum kopi.

Baca Juga : Hari Kopi Sedunia, Penggemar Kopi di Indonesia Terus Meningkat

Mengurangi risiko diabetes

Manfaat sehat kopi yang tak terduga adalah, minuman ini dapat membantu Anda mengurangi risiko terkena diabetes. Mengapa? Sebab, kopi dapat membantu tubuh memanfaatkan insulin dan melindungi sel-sel yang memproduksi insulin sehingga memungkinkan adanya regulasi gula darah yang efektif.

Kopi juga mengandung asam caffeic, yang diketahui signifikan dalam menurunkan akumulasi racun dari beberapa deposit protein perut. Deposit tersebut yakni seperti fibril amiloid yang ditemukan pada individu dengan diabetes.

Baca Juga : Hari Kopi Sedunia: Menilik Sejarah Masuknya Kopi Ke Indonesia

Sumber antioksidan yang baik

Kopi mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh. Bahkan, studi menunjukkan bahwa kopi menawarkan lebih banyak aktivitas antioksidan dibandingkan dengan teh atau kakao. Seperti kita ketahui, antioksidan memiliki peran penting dalam menetralisir radikal bebas.

Selain itu, kopi juga mengandung asam kromogenik, salah satu antioksidan utama yang ditemukan dalam kopi, yang telah terbukti memiliki kemampuan terbatas untuk mencegah penyakit kardiovaskular.

Menurunkan risiko terkena kanker

Minum Kopi

Salah satu manfaat kopi yang terkenal adalah menurunkan risiko terkena kanker bagi pria dan perempuan. Hal ini disinyalir karena kopi mengandung fitokimia antioksidan yang disebut polifenol. Bahan kimia ini telah menunjukkan banyak sifat antikarsinogenik dalam berbagai penelitian dan analisis laboratorium yang dilakukan selama beberapa dekade terakhir. Inilah yang membuat kopi dapat menurunkan risiko kanker.

Kopi menghambat depresi

Sejumlah penelitian di masa lalu dan penelitian yang dilakukan baru-baru ini, telah menghubungkan konsumsi kopi dengan tingkat depresi yang lebih rendah, baik pada pria dan perempuan. Faktanya, pecinta kopi memiliki risiko paling rendah untuk mengalami depresi.

Mengapa demikian? Secara alami, kafein diketahui mengaktifkan neurotransmiter yang dapat mengontrol suasana hati. Pemancar tersebut termasuk serotonin dan dopamin. Dengan cara ini, kopi mencegah depresi dengan merangsang injeksi hormon perasaan baik ini ke dalam darah.

Jadi, sudah minum kopi hari ini?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini