3 Buah Asli Indonesia yang Bisa Bantu Perbaiki Gizi

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Jum'at 01 Oktober 2021 19:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 01 481 2479977 3-buah-asli-indonesia-yang-bisa-bantu-perbaiki-gizi-Xz6gNzXutt.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

KEARIFAN pangan lokal untuk membantu perbaikan gizi Indonesia mulai diangkat. Bahkan sebagian menjadi bahan penelitian dasar yang berguna.

Pakar Pangan Prof Dr Ir Purwiyatno Hariyadi PhD mengatakan, cukup banyak mahasiswa yang mencoba mengeksplorasi potensi lokal di daerahnya masing-masing. Misalnya saja mahasiswa dari Papua menggali potensi buah lokal sebagai produk pangan bermanfaat.

"Dari Universitas Cendrawasih (Papua) ada 3 mahasiswa terpilih untuk mengembangkan produk berbasis buah lokal, yaitu (i) Buah Pandan Anggur Papua (Sararanga simosa Hemsley), (ii) Rumput Laut Cokelat Sargassum Sp Asal Papua, dan (iii) Kulit Buah Matoa (Pometla pinnata)," ujar Prof Pur dalam gelaran acara Indofood Riset Nugraha 2020/2021.

 Matoa

Tak cuma itu, mahasiswa dari Universitas Tek Sumbawa juga akan mengembangkan potensi unggul madu hitam. Kemudian dari Universitas Jenderal Achmad Yani juga akan meneliti khasiat rempah bunga honje hutan.

Menurut Prof Pur, meski baru penelitian dasar, para peneliti muda ini tetap harus didukung. Diharapkan pula dengan apa yang dipunyai secara lokal, dapat dikembangkan sebagai sesuatu yang khas dan unggul. 

"Bagi saya hal ini menarik, karena para mahasiswa mulai mengindentifikasi dan mengeksplor keunggulan-keunggulan potensi lokalnya. Ini adalah potensi yang luar biasa, yang perlu terus dikembangkan," ujarnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini