Fakta Baru! Vaksinasi Covid-19 Kurangi Risiko Long Covid

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 02 Oktober 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 01 481 2479994 fakta-baru-vaksinasi-covid-19-kurangi-risiko-long-covid-iVSjyNfYXq.jpg Ilustrasi (Foto : Livescience)

SELAMA masa pandemi, vaksinasi Covid-19 adalah salah satu hal penting yang wajib dilakukan masyarakat. Dengan melakukan vaksinasi maka kekebalan kelompok (herd immunity) akan segera terbentuk untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 secara masif.

Melalui akun Instagram pribadinya @dr.fajriaddai, Jumat (1/10/2021), Pakar Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda’I menjelaskan bahwa penelitian terbaru menyebut bahwa vaksin memiliki fungsi lain, terutama bagi masyarakat yang sebelumnya pernah terinfeksi Covid-19.

Long Covid-19

“Ternyata baru muncul publikasi bahwa vaksinasi dapat bermanfaat untuk mengurangi gejala pasca seseorang sembuh dari Covid-19. Selain itu risiko untuk terjadi gejala long covid berkurang,” terang dr. Fajri dalam unggahannya.

Baca Juga : Kapan Vaksinasi Covid-19 Anak di Bawah Usia 12 Tahun? Ini Prediksi Dokter Jeff

Sebagaimana diketahui long covid adalah serangkaian gejala yang dapat berlangsung berminggu-minggu atau berbulan-bulan setelah terinfeksi virus penyebab Covid-19 walaupun sudah dinyatakan negatif. Selain itu orang yang sudah divaksin juga memiliki tingkat kesembuhan dua kali lipat lebih cepat dibandingkan dengan orang yang tidak divaksin.

“Alhasil kualitas hidup seseorang juga akan lebih baik pasca sembuh dari Covid-19 dan ini diikuti selama tiga bulan ke depan. Pada penelitian ini memang vaksin yang dipakai 79 persen adalah Pfizer, 10 persen AstraZeneca, dan 10 persen Moderna,” tuntasnya.

Oleh sebab itu vaksin sudah terbukti mengurangi angka kematian, angka kesakitan bahkan risiko terjadinya long covid. So, jangan ragu dan takut untuk melakukan vaksinasi Covid-19 sesegera mungkin ya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini