10 Cara Menghilangkan Milia di Wajah, Benjolan Putih Kecil di Kulit

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 01 Oktober 2021 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 01 611 2479863 10-cara-menghilangkan-milia-di-wajah-benjolan-putih-kecil-di-kulit-krbamSp27I.jpg 10 cara menghilangkan milia di wajah (Foto:

ADA 10 cara menghilangkan milia di wajah dan mencegahnya muncul di kemudian hari. Milia adalah benjolan putih kecil yang muncul di kulit. Mereka biasanya muncul di hidung, pipi, dan dagu, meskipun mereka mungkin muncul di tempat lain.

Milia berkembang ketika serpihan kulit terperangkap di bawah permukaan kulit, atau ketika keratin menumpuk dan terperangkap. Milia paling sering terjadi pada bayi baru lahir.

Faktanya, 40 hingga 50 persen bayi yang baru lahir memiliki milia di kulit mereka dalam waktu satu bulan setelah lahir, menurut ulasan tahun 2008. Namun milia juga bisa menyerang anak-anak, remaja, dan orang dewasa.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan dan mencegah lebih banyak milia terbentuk. Melansir Only My Health, berikut 10 cara menghilangkan milia di wajah.

Air mawar

10 Cara Menghilangkan Milia di Wajah

(10 Cara Menghilangkan Milia di Wajah, Foto: Boldsky)

Air mawar dianggap sebagai salah satu pengobatan rumahan terbaik untuk menghilangkan milia. Cukup percikkan beberapa tetes air mawar ke area kulit yang terkena. Anda dapat melakukan ini setidaknya dua atau tiga kali sehari untuk hasil yang baik.

Madu manuka

Madu Manuka sedikit berbeda dari madu biasa karena pengayaan sifat anti-bakterinya. Manuka membedakan dirinya dari madu biasa karena lebih gelap, tebal dan berasal langsung dari tanaman manuka.

Madu ini memiliki sifat antibakteri, antimikroba, dan anti-inflamasi alami yang membantu menghilangkan milia di wajah. Selain itu, juga menjadi bantuan dalam mencegah infeksi mikroba lebih lanjut.

Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat dari pengobatan rumahan ini adalah dengan mengoleskan satu sendok madu manuka pada kulit Anda secara merata dan biarkan selama sekitar 30 menit. Kemudian, bilas dan lakukan ini setiap hari untuk perbaikan kondisi kulit Anda.

Lulur gula lemon

Lulur gula dan lemon dapat bertindak sebagai eksfoliator untuk kulit Anda. Pengelupasan kulit dapat membantu menghilangkan pori-pori kulit dan sel-sel kulit mati. Butiran gula berguna untuk scrub, sehingga menjadikannya sebagai obat alami untuk milia di rumah.

Lulur gula dan lemon bermanfaat untuk mengangkat sel-sel mati dan racun ekstra pada kulit. Ambil saja jus lemon dan tambahkan sedikit gula ke dalamnya. Campur dan oleskan pada wajah Anda.

Pijat dengan lembut selama sekitar 15-20 menit dan ulangi proses ini setiap hari. Bintik-bintik milia Anda akan berkurang dalam waktu seminggu.

Baca Juga : Timbul Milia di Wajah, Ini Cara Menghilangkannya

Minyak kelapa

10 Cara Menghilangkan Milia di Wajah

(10 Cara Menghilangkan Milia di Wajah, Foto: Boldsky)

Minyak kelapa bisa menjadi cara yang sangat baik untuk mengobati daerah yang terkena milia pada kulit Anda. Anda harus menerapkan dan memijatnya di wajah Anda dengan lembut. Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengurangi bekas luka di wajah Anda.

Minyak kelapa membuat milia yang keras menjadi lembut dan halus, yang membuatnya lebih mudah untuk menghilangkan benjolan putih di pipi Anda. Anda bisa mengaplikasikannya sebelum tidur dan keramas di pagi hari.

Baca Juga : 10 Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat, Dicoba Yuk!

Makanan bervitamin A

Makanan vitamin A dikenal sangat bermanfaat bagi kulit Anda. Menurut beberapa penelitian, ada berbagai krim kaya vitamin A yang tersedia di pasaran yang terbukti efektif menghilangkan milia dari kulit Anda. Vitamin ini membantu dalam menghilangkan sel-sel kulit mati dan menjaga kesehatan kulit yang baik.

Makanan vitamin A termasuk almond, wortel, alpukat, dll. Manusia normal harus mengonsumsi 600-800 mcg vitamin A setiap hari. Oleh karena itu, diet seimbang juga merupakan sesuatu yang dapat berpengaruh pada kulit Anda.

Kentang

Kentang bertindak sebagai komponen pembersih untuk kulit Anda dan juga membantu dalam mengobati milia. Kentang mengandung pati dalam jumlah tinggi yang mencegah dan bahkan mengobati benjolan putih di wajah Anda.

Metode untuk menggunakan kentang adalah menggiling kentang dan mengekstrak jus darinya. Simpan jus ini di lemari es dan gunakan setelah beberapa waktu.

Cukup celupkan kapas ke dalam jus kentang ini dan oleskan pada milia di wajah Anda. Setelah mengering dalam beberapa waktu, bilas. Lakukan ini dua kali sehari dan tunggu hasil yang efektif.

Kayu cendana

Anda juga bisa menggunakan bubuk cendana untuk mengobati milia. Campur bubuk cendana dan air untuk membuat campuran kental. Anda bahkan dapat menggunakan air mawar untuk perbaikan yang lebih baik dan cepat.

Oleskan pada area wajah yang terkena dan pijat dengan lembut selama beberapa saat dengan gerakan melingkar. Kemudian, biarkan mengering selama beberapa menit. Cuci muka dengan air hangat dan lakukan ini minimal dua kali sehari.

Anda dapat menggunakan pasta ini setiap hari untuk memberikan sensasi menenangkan dan mendinginkan pada kulit Anda dan untuk menghilangkan milia. Ini tidak hanya akan menyembuhkan milia secara permanen tetapi juga mencegahnya berkembang di masa depan.

Lidah buaya

10 Cara Menghilangkan Milia di Wajah

(10 Cara Menghilangkan Milia di Wajah, Foto: Boldsky)

Lidah buaya memiliki berbagai manfaat, mulai dari menyembuhkan kulit terbakar hingga mengobati jerawat Anda. Gel ini juga digunakan untuk melindungi bibir pecah-pecah, siku kering, lutut bahkan untuk perawatan kulit dan rambut.

Anda dapat memasukkan lidah buaya ke dalam rutinitas perawatan kecantikan Anda dan nikmati manfaatnya. Selain itu, antioksidan yang ada dalam lidah buaya memiliki sifat penyembuhan yang kuat.

Lidah buaya mengandung sifat anti inflamasi yang dapat membantu dalam mengobati milia dan menenangkan serta mendinginkan area tersebut. Untuk menggunakannya untuk tujuan ini, Anda harus menghapus lapisan berdaun dan menggunakan gel bagian dalam. Gel lidah buaya juga mudah didapat di pasaran.

Steaming

Steaming tidak hanya digunakan untuk masalah kesehatan tetapi merupakan salah satu cara terbaik untuk meremajakan dan menenangkan kulit Anda. Steaming membuka pori-pori kulit yang selanjutnya membantu menghindari penumpukan kotoran dan racun.

Ambil kain atau handuk dan tutupi kepala Anda. Kemudian, tekuk di atas semangkuk air mendidih. Uap panas ini akan membantu menyembuhkan kulit Anda dari bawah. Lakukan ini setidaknya selama 10 menit untuk menghilangkan iritasi dan penghilangan milia secara alami.

Minyak jarak

Minyak jarak memiliki sifat anti-inflamasi yang bermanfaat untuk kulit Anda. Menerapkan minyak jarak adalah cara terbaik untuk menghilangkan milia secara alami. Sebelum mengoleskan minyak ini cukup bersihkan wajah Anda dengan air lalu keringkan.

Kemudian, pijat daerah yang terkena milia dengan beberapa tetes minyak jarak dan biarkan selama minimal setengah jam. Terakhir, cuci bersih setelahnya dan lap dengan handuk kering. Ulangi proses ini setiap hari dan singkirkan milia dengan cepat dan efektif.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini