Rayakan Hari Batik, Perempuan Ini Pakai Makeup Motif Megamendung

Calista Angelina, Jurnalis · Sabtu 02 Oktober 2021 11:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 02 612 2480192 rayakan-hari-batik-perempuan-ini-pakai-makeup-motif-megamendung-PFr6csxuKf.jpg Makeup Batik. (Foto: Instagram/@brushedbyirene)

DALAM rangka memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober 2021, banyak orang merayakannya dengan berbagai cara. Umumnya, cara yang dilakukan seseorang adalah dengan memakai baju atau fashion bertema batik.

Tapi, seorang konten kreator di Tiktok ini memiliki cara tersendiri, dengan melukis motif batik Megamendung asal Cirebon di wajahnya. Pada salah satu video di Tiktoknya @brushedbyirene yang berdurasi 56 detik, Irene memperlihatkan proses melukisnya.

Menurutnya, butuh waktu 6 jam untuk menyelesaikan lukisan wajah ini. Videonya pun telah disaksikan 835 ribu dan disukai 84,4 ribu pengguna.

Irene menjelaskan bahwa “Batik megamendung melambangkan pertemuan China dengan Cirebon. Waktu itu sultan Cirebon, yaitu Sunan Gunung Jati menikahi anak kaisar China bernama putri Ong Tien. Sedihnya, setelah 4 tahun menikah putri Ong Tien meninggal dunia. Sunan Gunung Jati pun terpukul kehilangan sosok yang dicintainya,”

Lukisan Batik

“Jadi makna dari Batik Megamendung ini adalah setiap manusia harus dapat menahan amarah dalam kondisi terpuruk atau sedih dan selalu bersikap bijaksana dalam kondisi apapun, seperti awan yang mendung dan menyejukkan suasana,” jelasnya.

Indah sekali filosofi dari batik Megamendung. Netizen juga membanjiri kolom komentar dengan apresiasi dan respon positif.

“BANGGA BANGET JADI ORANG CIREBON,” kata @iam****aa_

“akhirnya cirebon ke notice juga🥺 biasanya orang nyebutnya batik megamendung dari jawa baratnya aja:'),” ujar @ang***

“keren dan sungguh mnginspirasi,” puji @malv**********ta

“BATIK FAV NO DEBAT 💘💘💘💘💘,” seru @apa*****mal.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini