Share

Dokter Tirta: Jangan Sekalipun Minum Obat Penghenti Diare

MNC Media, Jurnalis · Sabtu 02 Oktober 2021 17:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 02 612 2480272 dokter-tirta-jangan-sekalipun-minum-obat-penghenti-diare-3xyhnnPeGc.jpg Dokter Tirta. (Foto: Youtube)

DOKTER Tirta Mandira Hudhi atau akrab disapa dr Tirta merupakan dokter muda sekaligus pengusaha. Ia kembali membuat video yang bermanfaat bagi penonton setelah mendapat respons positif dari video edukasi mengenai virus corona. dr. Tirta seringkali membuat konten edukasi kesehatan di media sosial, di antaranya melalui YouTube.

Kali ini dr Tirta membuat video khusus untuk membahas 5 keluhan yang paling sering diungkapkan pasien yang ketika dr Tirta praktek di puskesmas. Keluhan pertama yaitu pegal linu, masuk angin dan nyeri sendi. Kemudian dr Tirta menyebutkan bahwa keluhan tersebut merupakan gejala peradangan sistemik yang dapat terjadi karena infeksi bakteri, infeksi jamur, kelelahan, dan lainnya.

Keluhan yang kedua yaitu nyeri telan atau radang tenggorokan, hal tersebut juga dapat terjadi akibat infeksi virus atau bakteri. Untuk mengetahui penyebab dan pengobatan yang tepat dr Tirta pun menyarankan untuk mengunjungi dokter untuk diperiksa.

Dokter Tirta

Selanjutnya adalah keluhan diare yang dapat disebabkan karena infeksi bakteri, mengkonsumsi makanan pedas, dan lain sebagainya. dr Tirta pun menyarankan pasien dengan keluhan diare untuk tidak meminum obat-obatan yang menghentikan diare.

“Jangan sekalipun kalian minum obat yang menghalang-halangi, karena diare ini isinya bakteri semua. Kalau tiba-tiba diare, itu otomatis usus defend atau melakukan pertahanan tubuh supaya kotoran ini keluar dari tubuh. Kalau kalian stop, pakai obat-obatan, ini kotorannya di dalam semua sama bakterinya” ujar dr Tirta.

Tidak menganjurkan obat penghenti BAB, dr Tirta menyarankan untuk meminum oralit, cairan pengganti tubuh, atau air kelapa. Yuk simak penjelasan lengkapnya hanya di YouTube channel Tirta PengPengPeng!

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini