Berikut Ini Rekomendasi Konsumsi Air Putih Berdasar Usia

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 03 Oktober 2021 11:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 03 298 2480533 berikut-ini-rekomendasi-konsumsi-air-putih-berdasar-usia-5f8hepHN5z.jpg Minum air putih (Foto: Pjimage)

RUPANYA minum cukup air putih setiap hari bagus untuk kesehatan. Dengan tubuh yang selalu terhidrasi, maka akan membantu tubuh untuk lebih fokus dan mampu berkonsentrasi dalam menjalankan aktivitas.

Merangkum dari Healthline, Institute of Medicine (IOM) melakukan survei untuk mengetahui tentang asupan air rata-rata harian orang Amerika. Berdasarkan data ini, mereka menerbitkan rekomendasi tentang asupan yang memadai (AI) dalam studi pada 2005.

 minum air putih

Studi tersebut mengacu pada dua rekomendasi, diantaranya:

1. Sebanyak 3,7 liter air per hari untuk pria. Dimana sebanyak 3 liter atau 13 gelas dalam bentuk minuman.

2. Sebanyak 2,7 liter air per hari untuk wanita. Termasuk 2,2 liter atau sekira sekitar 9 gelas dalam bentuk minuman.

AI ini dibuat berdasarkan pada asupan air rata-rata dari survei yang dilakukan di AS. Namun, sejumlah orang tampak baik-baik saja saat mengonsumsi lebih sedikit air. Namun, asupan ini berbeda-beda pada tiap individu.

Misalnya, orang yang aktif secara fisik atau mereka yang tinggal di lingkungan yang lebih panas akan membutuhkan asupan air yang lebih tinggi.

Lantas berapa rekomendasi asupan air yang dianjurkan berdasarkan usia? 

Aturan mengonsumsi delapan gelas air per hari adalah awal yang baik. Sayang hal tersebut tidak didasarkan pada informasi yang kuat dan diteliti dengan baik. Sebab 60 persen berat badan manusia terdiri dari air. Setiap sistem dalam tubuh membutuhkan air untuk berfungsi.

Asupan air yang direkomendasikan didasarkan pada faktor-faktor termasuk jenis kelamin, usia, tingkat aktivitas, dan status ibu hamil atau menyusui.

1. Dewasa 

Rekomendasi IOM saat ini untuk orang berusia 19 dan lebih tua adalah sekitar 3,7 liter untuk pria dan 2,7 liter untuk wanita. Jumlah ini mengacu pada asupan cairan secara keseluruhan per hari, termasuk apa pun yang makan atau minum yang mengandung air seperti buah-buahan atau sayuran.

2. Anak-anak

Rekomendasi asupan air untuk anak-anak sangat berkaitan dengan usia:

Anak-anak antara 4 hingga 8 tahun harus minum 1,1 liter air per hari.

 umlah ini akan meningkat menjadi 1,6 liter hingga 1,8 liter air pada usia 9 hingga 13 tahun.

Untuk usia 14 hingga 18 tahun, asupan air yang disarankan adalah 1,8 liter hingga 2,5 liter air.

3. Wanita hamil atau menyusui

Jika seseorang sedang hamil atau menyusui, rekomendasi asupan air juga ikut berubah. IOM merekomendasikan bahwa wanita hamil dari segala usia harus berusaha untuk mendapatkan sekira 2,3 liter setiap hari.

Pada wanita menyusui mungkin perlu menambah total asupan air hingga sekira 2,9 hingga 3 liter air per hari.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini