Asah Kreativitas, Gali Potensi Anak Lewat Kompetisi Virtual

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 04 Oktober 2021 00:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 03 612 2480726 asah-kreativitas-gali-potensi-anak-lewat-kompetisi-virtual-PwfLXrUchX.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SELAMA pandemi, orangtua tidak boleh mengubur potensi yang dimiliki anaknya. Mereka harus terus berkreativitas, berkarya, dan mengembangkan potensinya apapun situasinya, baik di bidang akademis maupun seni.

Pakar Pendidikan dari Sekolah Kristen IPEKA Balikpapan Alfian Samudra mengatakan, pandemi Covid-19 berdampak terhadap banyaknya kegiatan yang harus terhenti sementara. Hal ini menyebabkan berkurangnya interaksi dan aktivitas murid terutama yang berkaitan dengan kreativitas.

 Anak

"Para murid butuh wadah untuk mengasah kreativitas agar mudah mengembangkan potensi yang dimiliki. Tidak hanya terbatas di bidang akademis, siswa juga didorong untuk mengembangkan potensi dalam hal seni," katanya lewat keterangan tertulis Balikpapan IPEKA Cup (BIC) 2021.

Alfian menuturkan, orangtua bisa menggali potensi anak lewat kompetisi secara virtual. Dari mulai perlombaan seni, storytelling, solo vocal, fotografi juga lomba band.

Ditambahkan Ketua Panitia BIC 2021 Basten Sanjaya, meskipun dalam situasi pandemi, anak-anak harus selalu bersemangat untuk bangkit dalam berkreativitas. Orangtua bisa mendampingi dan mengarahkan anak agar tahu potensi bakatnya.

"Ya, anak harus bersemangat untuk mengembangkan potensi yang dimiliki di situasi terbatas atau sulit sekalipun”, harapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini