Share

Benarkah Antibodi Lebih Penting Ketimbang Pakai Masker?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 04 Oktober 2021 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 04 481 2480947 benarkah-antibodi-lebih-penting-ketimbang-pakai-masker-eEO1GSk5RY.jpg Pakai masker (Foto: Northwell health)

BELUM lama ini beredar pesan berantai di media sosial yang menyebutkan bahwa antibodi lebih penting daripada masker.

Tentunya pernyataan ini bisa membuat kesalahpahaman di masyarakat yang berujung membuat mereka enggan memakai masker.

Pakar Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda'i memberikan penjelasan terkait hal tersebut melalui akun Instagram pribadinya @dr.fajriaddai. Menurutnya informasi yang beredar tersebut tidak tepat atau hoax.

 pandemi Covid-19

"Antibodi dan masker saling bekerjasama dalam mencegah Covid-19. Antibodi adalah senjata tubuh untuk menetralisir virus yang masuk. Tapi antibodi baru akan terbentuk bila manusia sudah pernah berkenalan dengan virus yaitu melalui infeksi alami ataupun vaksin," ucap dr. Fajri.

Dengan memiliki antibodi sebelumnya, diharapkan jika terinfeksi kembali maka gejala yang dialami seseorang akan lebih ringan. Ia menambahkan bahwa antibodi yang terbentuk dalam tubuh seseorang bervariasi tergantung kondisi imun masing-masing orang.

"Jadi ada yang bertahan lama dan tidak. Hingga sekarang belum diketahui pasti berapa kadar antibodi yang efektif melindungi seseorang dari infeksi Covid-19," tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini