5 Tips Menjaga Kesehatan Kulit dan Mencegah Rambut Rontok

Bertold Ananda, Jurnalis · Senin 04 Oktober 2021 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 04 611 2481052 5-tips-menjaga-kesehatan-kulit-dan-mencegah-rambut-rontok-NOTIiJUgB7.jpg Menjaga kesehatan kulit (Foto: NY Chiropractic)

SETIAP orang pasti ingin memiliki kulit yang sehat dan rambut yang indah. Namun memang tak mudah untuk memilikinya.

Seperti dilansir dari Hindustan Times, Ahli Gizi Shalini Santhanakrishnan menjelaskan, terdapat nutrisi yang bagus untuk kulit dan rambut Anda.

Lalu makanan apa saja yang mengandung nutrisi agar kulit tetap sehat dan rambut tidak rontok?

 tomat

1. Konsumsi serat dan protein untuk melawan jerawat

Niacinamide adalah bentuk vitamin B3 (niacin) yang mencegah jerawat dan membantu mengatur produksi minyak dan mencegah berjerawat. Makanan kaya niasin tersebut diantaranya adalah jamur, kurma, biji labu, ubi jalar, almond, bayam, tomat, wortel, alpukat, dan brokoli.

2. Makanlah sumber kolagen untuk kulit bercahaya

Jika Anda ingin kulit Anda terlihat muda, makanan yang kaya akan kolagen dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dengan mencegah kendur, menjaga kulit Anda tetap montok dan bercahaya. Berikut terdapat makanan yang mengandung kolagen tinggi diantaranya Kunyit, spirulina, delima, semangka, ikan, ayam, putih telur, buah jeruk, paprika merah dan kuning, kacang-kacangan, dan alpukat.

3. Penuhi asam hialuronat seperti vitamin C

Asam hialuronat membantu mempertahankan kelembapan di kulit kita, meningkatkan elastisitas, dan menghambat perkembangan kerutan yang dalam. Seperti kandungan vitamin C sangat penting untuk merangsang produksi asam hialuronat. Konsumsi buah-buahan seperti jeruk, anggur, dan lemon dalam makanan Anda. Tak lupa juga sayuran seperti tapioka, ubi jalar, dan umbi-umbian terkait juga bagus untuk memproduksi asam hialuronat dalam tubuh.

4. Sertakan makanan Vitamin B6 untuk rambut sehat

Konsumsi kebutuhan vitamin B6 untuk mendukung pertumbuhan rambut. Hal itu untuk memastikan bahwa sel dapat mengakses asam amino yang dibutuhkan untuk membuat protein rambut. Makanan yang kaya akan vitamin B6 yaitu daging, hati, ikan, kacang tanah, kedelai, gandum, dan pisang adalah beberapa makanan umum yang kaya akan Vitamin B6.

5. Konsumsi Vitamin B5 untuk menangkal stres

Stres adalah salah satu penyebab utama menurunnya kesehatan manusia. Maka dari itu hindari stress dan cobalah mengkonsumsi Vitamin B5 untuk menurunkan kadar hormon stres. vitamin ini mempertahankan kandungan air di kulit dan mengunci kelembaban.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini