Hari Hewan Sedunia, Kenali 6 Manfaat Punya Peliharaan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 04 Oktober 2021 18:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 04 612 2481167 hari-hewan-sedunia-kenali-6-manfaat-punya-peliharaan-Q0yUhGDD5J.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SETIAP 4 Oktober memang diperingati sebagai Hari Hewan Sedunia. Hewan peliharaan memang semakin banyak diminati, apalagi di keadaan pandemi seperti saat ini.

Pasalnya, hewan dapat membuat orang merasa nyaman dan senang. Bahkan, memiliki hewan peliharaan juga bisa menjadi salah satu cara untuk melepas stres.

Memiliki hewan peliharaan memang memberikan kesenangan sendiri bagi penyayang binatang. Apalagi jika hewan yang dipelihara lucu, menggemaskan, dan pintar. Selain bisa menjadi teman di rumah, ternyata memiliki hewan peliharaan juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan fisik dan psikologis.

Peningkatan mood

Hanya perlu beberapa menit dengan seekor anjing atau kucing atau menonton ikan berenang untuk merasa lebih tenang dan mengurangi stres. Tubuh Anda sebenarnya mengalami perubahan fisik pada saat itu yang membuat suasana hati Anda berbeda. Tingkat kortisol, hormon stres, menurun. Dan serotonin, zat kimia yang membuat tubuh Anda merasa nyaman, meningkat.

Tekanan darah lebih baik

Anda tetap harus memperhatikan berat badan dan olahraga Anda. Tetapi memiliki hewan peliharaan dapat membantu Anda mengelola tekanan darah Anda.

Dalam sebuah penelitian terhadap 240 pasangan menikah, pemilik hewan peliharaan memiliki tekanan darah yang lebih rendah dan detak jantung yang lebih rendah saat istirahat dibandingkan orang yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Hewan

Memiliki manfaat untuk jantung

Orang dengan kucing dan anjing mungkin memiliki beberapa manfaat untuk jantung. Dalam sebuah penelitian selama 20 tahun, orang yang tidak pernah memelihara kucing 40% lebih mungkin meninggal karena serangan jantung dibandingkan mereka yang memilikinya.

Secara keseluruhan, pemilik hewan peliharaan cenderung tidak meninggal karena penyakit jantung, termasuk gagal jantung.

Mengurangi depresi

Tidak ada yang mencintaimu lebih tanpa syarat daripada hewan peliharaanmu. Bahkan mereka bisa membantu Anda menghadapi dan pulih dari depresi. Hewan peliharaan Anda akan mendengarkan Anda berbicara selama Anda ingin berbicara.

Anda mungkin akan merasa lebih tenang saat membelai kucing atau anjing. Anda bisa merawatnya, bermain dengannya dan mereka membantu Anda merasa lebih baik.

Lebih banyak Koneksi

Pemilik hewan peliharaan cenderung ingin berbicara dengan pemilik hewan peliharaan lainnya. Sesama pemilik hewan akan berhenti dan berbicara dengan Anda ketika mereka melihat Anda berjalan-jalan dengan hewan peliharaan Anda. Pergi ke taman anjing untuk bersosialisasi dengan pemilik lain saat hewan peliharaan Anda bermain.

Tulang yang lebih kuat

Mengajak anjing berjalan-jalan dianggap sebagai latihan menahan beban yang memperkuat tulang dan otot di sekitarnya. Ini juga memungkinkan Anda menghabiskan waktu di bawah sinar matahari, yang menyediakan vitamin D.

Jika Anda menderita osteoporosis, gunakan tali pendek yang tidak akan kusut. Dan jangan mengajak anjing jalan-jalan yang bisa melompat ke atas Anda dan membuat Anda kehilangan keseimbangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini