Meriahkan Hari Batik Nasional, Fashion Show Gantari Akan Dihelat di Candi Prambanan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 05 Oktober 2021 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 05 194 2481507 meriahkan-hari-batik-nasional-fashion-show-gantari-akan-dihelat-di-candi-prambanan-XVoAFAdWlh.jpeg Candi Prambanan (Foto: Instagram/@felgra_photography)

MERAYAKAN Hari Batik Nasional 2021, Lakon Indonesia berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta sekitar 1.000 pelaku kreatif menghelat pagelaran fashion bertajuk ‘Gantari, The Final Journey to Java’. Tak main-main, runway digelar di area Candi Prambanan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendukung penuh kegiatan ini. Menurutnya, Gantari bukan hanya soal fashion show dengan keindahan warisan bangsa sebagai tontonan utamanya, tetapi memajukan pelaku ekonomi kreatif di wilayah tersebut.

“Kegiatan ini membuka lapangan pekerjaan karena melibatkan banyak orang di dalamnya, termasuk 100 model yang akan mengenakan 125 koleksi batik ready-to-wear dari Lakon Indonesia. Tentu saja, tujuan lainnya adalah melestarikan budaya bangsa,” papar Menteri Sandiaga Uno di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Senin (4/10/2021).

Gantari

Baca Juga : Hari Batik Nasional, Presiden Jokowi: Dari Bayi Sampai Dewasa Menggunakan

Sandiaga menerangkan bahwa fashion show Gantari ini juga diharapkan lebih mendekatkan batik pada kaum milenial. “Saat ini milenial mendominasi dan dengan mendekatkan warisan bangsa ini ke mereka, artinya batik akan lebih banyak lagi dipakai para milenial,” tambahnya.

Theresia

Lebih lanjut, Theresia Mareta, Founder Lakon Indonesia, coba menerangkan seperti apa koleksi batik ready-to-wear yang akan diperlihatkan di Gantari di Candi Prambanan.

“Koleksinya akan bernuansa lembut. Fashion show ini bukan sekadar merayakan Hari Batik Nasional, tetapi mengapresiasi budaya yang dimiliki Indonesia,” ungkapnya.

Menurut Theresia, Gantari adalah bentuk penghormatan terhadap kaum perempuan, karena merekalah kunci peradaban manusia di masa lalu, kini, dan masa depan. Jadi, sekalipun koleksi batik akan bernuansa halus, tapi tetap memperlihatkan kekuatan perempuan yang tangguh dan berperan besar dalam kehidupan seseorang di dunia.

Fashion Show Gantari

Fashion Show ‘Gantari, The Final Journey to Java’ akan berlangsung selama 90 menit pada 9 Oktober 2021. Di perhelatan tersebut, akan ada tamu khusus yang diundang langsung melihatkan pertunjukan, jumlahnya 250 orang dengan penerapan protokol kesehatan sangat ketat.

Event yang bisa disaksikan di Youtube Kemenpar, Lakon Indonesia, dan Jakarta Fashion and Food Festival (JF3) tersebut diketahui merupakan akhir dari perjalanan di Jawa, namun permulaan petualangan baru.

“Setelah Jawa, kami akan coba eksplorasi tanah Timur, salah satunya adalah tenun Sumba. Ini bukan akhir dari perjalanan karya mengapresiasi budaya bangsa, tetapi awal,” tambah Theresia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini