Duri Ikan Tersangkut di Tenggorokan, Didorong Pakai Nasi Apakah Aman?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 05 Oktober 2021 16:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 05 298 2481673 duri-ikan-tersangkut-di-tenggorokan-didorong-pakai-nasi-apakah-aman-QsGiZJMNcP.jpg Makan ikan (Foto: Grist)

PERNAHKAH Anda pernah mengalami situasi duri ikan tersangkut di tenggorokan?

Kondisi tersebut biasanya akan membuat Anda lumayan panik, apalagi rasa sakit di tenggorokannya benar-benar membuat tidak nyaman.

Di situasi seperti itu, banyak orangtua yang menyarankan untuk makan beberapa suap nasi. Harapannya untuk mendorong tulang ikan yang tersangkut dan bisa terbebas dari tenggorokan.

 tersangkut duri ikan

"Banyak masyarakat kita yang sepertinya dinasihati terkait duri yang tersangkut dengan makan nasi. Secara logika, tulang akan menempel di nasi dan turun ke bawah," papar dr Endah Citraresmi, Sp.A(K), dalam webinar FKUI, beberapa waktu lalu.

Tapi, apakah teknik ini disarankan oleh dokter untuk dilakukan?

Menurut dr Endah, teknik penyelamatan tertusuk duri di tenggorokan dengan nasi bukan sesuatu yang dipercaya dapat menolong di dunia medis. Artinya, tindakan terbaik tentu saja dengan pengangkatan duri oleh dokter.

Jadi, kata dr Endah, jika ditanya apakah teknik menelan nasi untuk membebaskan tenggorokan dari duri yang menusuk, itu bukan hal yang disarankan di dunia medis.

"Kami akan tetap meminta kepada masyarakat, maupun orangtua yang jika anaknya tertusuk duri ikan, untuk datang ke UGD rumah sakit untuk dapat pertolongan dokter," terangnya.

"Jadi, soal teknik menelan nasi jika ada duri tersangkut di tenggorokan, itu dikembalikan ke masyarakat lagi. Pada dasarnya, sebagai pihak yang ditugaskan untuk menyelamatkan orang lain, ada baiknya upaya mengatasi masalah itu, ya, dengan datang ke dokter," tambah dr Endah.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini