Share

Ini Pentingnya Vaksinasi bagi Penyintas Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 05 Oktober 2021 11:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 05 481 2481478 ini-pentingnya-vaksinasi-bagi-penyintas-covid-19-pvcXop0mSs.jpg Vaksin Covid-19 (Foto: University bussiness)

VAKSINASI Covid-19 sangatlah penting dilakukan selama masa pandemi. Dengan vaksinasi, maka derajat kematian, tingkat keparahan, serta risiko rawat inap seseorang jika terinfeksi Covid-19 dapat ditekan.

Meski demikian, masih ada beberapa masyarakat yang ragu untuk divaksinasi. Terlebih bagi para penyintas Covid-19 yang disebut sudah memiliki kekebalan alami. Lantas perlukah penyintas Covid-19 divaksin dan seberapa besar manfaatnya?

 Vaksinasi Covid-19

Pakar Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda'i melalui akun Instagram pribadinya @dr.fajriaddai, Selasa (5/10/2021) menegaskan vaksinasi bagi penyintas Covid-19, sangat perlu, bermanfaat, dan tidak berbahaya.

"Beberapa hari lalu telah dipublish dalam jurnal terbaik Cell, yang menyatakan bahwa penyintas Covid-19 dibandingkan dengan orang yang tidak pernah terinfeksi," tegas dr. Fajri dalam unggahan videonya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa respon imun pasca satu dosis vaksin berjenis mRNA sangat bagus sekali pada penyintas Covid-19. Sehingga vaksinasi masih sangat penting untuk dilakukan dan diwajibkan meski seseorang pernah terpapar Covid-19.

"Jadi sel B plasmanya jumlahnya lebih banyak dan responnya lebih bagus. Jadi jangan takut untuk divaksin dan jangan ragu walaupun sudah pernah terinfeksi Covid-19," tuntas dr. Fajri.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini