Pentingnya Protokol Kesehatan Guna Lindungi Diri dari Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 05 Oktober 2021 18:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 05 481 2481754 pentingnya-protokol-kesehatan-guna-lindungi-diri-dari-covid-19-nQpuSVYdf7.jpg Pandemi Covid-19 (Foto: Nature)

KONDISI Covid-19 yang sudah menunjukkan tren positif di Indonesia, membuat sejumlah aktivitas sudah kembali normal di beberapa kota dan tempat di Indonesia. Tapi perlu diingat Covid-19 masih ada, walaupun sedikit kalau lengah bisa meledak kembali dan menyebabkan outbreak.

Pakar Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda'i melalui akun Instagram pribadinya @dr.fajriaddai, Selasa (5/10/2021) membahas salah satu laporan dari CDC dimana protokol kesehatan efektif dalam melindungi penularan Covid-19 pada suatu acara besar.

 pandemi Covid-19

"CDC merilis suatu laporan yang menyatakan ada acara yang diselenggarakan sampai menginap dan melibatkan 7.000 orang, namun tidak terjadi outbreak besar disitu, karena menerapkan berlapis protokol kesehatan serta vaksinasi," ujar dr. Fajri.

Ia menambahkan bahwa protokol kesehatan dalam acara itu sangat ketat seperti cuci tangan, pakai masker, tidak berkumpul bersama.

Jika ada satu orang yang terdeteksi positif Covid-19 maka sudah di-track kedepannya secara ketat dan teliti. Fakta lainnya adalah 93 persen populasi yang hadir dalam acara tersebut sudah divaksin.

"Justru terjadi penularan pada orang-orang yang belum divaksin dan bukan berasal dari acara tersebut. Artinya ini pelajaran penting buat kita ketika ingin hidup beradaptasi jangka panjang dan tidak ingin kasus Covid-19 meledak lagi karena aktivitas mulai dibuka," tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini