Share

10 Cara Mengatasi Perut Kembung, Tak Perlu Pakai Obat

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Selasa 05 Oktober 2021 19:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 05 481 2481762 10-cara-mengatasi-perut-kembung-tak-perlu-pakai-obat-dnac6DJp7y.jpg 10 cara mengatasi perut kembung. (Foto: Shutterstock)

BEBERAPA cara mengatasi perut kembung memang dilakukan dengan membatasi makanan. Selain itu, perut kembung juga bisa dihilangkan dengan olahraga dan makanan yang bergizi.

Nah, beberapa tips mudah mengatasi perut kembung yang disarikan Okezone merangkum dari artikel TG Daily dan Redbookmagazine, antara lain:

1. Konsumsi makanan kaya potassium

Mineral potassium bersama dengan sodium berfungsi untuk mengatur keseimbangan cairan di dalam tubuh kita, hingga tidak terjadi perut kembung, papar Abbey Sharp, R.D., blogger di Abbey’s Kitchen. Makanan yang kaya akan potassium antara lain: pisang, jeruk, tomat, melon dan asparagus.

2. Stop kebiasaan mengunyah permen karet

10 cara mengatasi perut kembung

Anda doyan mengunyah permen karet? Kebiasaan ini ternyata bisa memicu perut kembung, ujar Patricia Raymond, M.D., pakar gastroentologi di Chesapeake, Virginia. Maka, sebagai gantinya, daripada mengunyah permen karet, bisa mengonsumsi permen mint, tapi cari yang low sugar, ya!

3. Kurangi makanan yang tinggi karbohidrat

Anda tidak harus berhenti total tidak mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, namun Patricia Raymond, M.D., pakar gastroenterologi menyarankan untuk menghindari kembung, jangan makan terlalu berat di saat makan malam. Makanan yang terbuat dari tepung antara lain roti dan pasta akan membuat tubuh menahan air.

4. Hindari minuman bersoda

Gelembung-gelembung soda di dalam minuman berkarbonasi bisa membuat perut Anda jadi kembung. Maka lebih baik minum air putih saja, saran Jeannie Gazzaniga-Moloo, R.D., salah satu anggota American Dietetic Association. Dengan mengonsumsi banyak air putih, maka tubuh Anda jadi lebih segar dan lebih sehat.

5. Mengasup kalsium dan magnesium

Jika Anda cenderung mengalami perut kembung menjelang menstruasi, maka beberapa hari sebelumnya wajib mengasup suplemen kalsium (1000mg per hari) dan magnesium (320mg per hari), tambah Abbey Sharp. Kedua mineral ini membantu tubuh mengurangi gangguan kesehatan menjelang menstruasi, termasuk perut kembung.


6. Berhenti makan berlebihan

Makan berlebihan adalah salah satu penyebab utama perut kembung. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa menggunakan piring yang lebih kecil sehingga porsi makan menjadi berkurang. Selain itu, Anda juga bisa mengurangi lemak pada porsi makanan Anda agar lebih mudah dicerna.

7. Makan perlahan

Makan cepat dan tidak mengunyah dengan benar membuat perut Anda lebih mudah kembung setelah makan. Untuk itu, Anda harus mengunyah makanan perlahan. Tubuh memerlukan waktu hingga 20 menit untuk merasa kenyang dan diterima oleh otak. Dengan begitu, makan perlahan dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan mencegah makan berlebih. Hal ini tentunya membawa dampak baik Anda yang ingin menurunkan berat badan.

8.Jauhi makanan penyebab kembung

Walaupun serat dan biji-bijian dianjurkan untuk mereka yang sedang diet, ternyata makanan-makanan itu juga bisa menyebabkan kembuang apabila dikonsumsi secara mentah. Untuk tetap menjalankan program diet Anda bisa mencampur yogurt dengan blueberry di pagi hari. Selain itu, beras dan kentang yang dipanaskan kembali juga bisa menyebabkan kembung.

9. Jangan minum susu

Anda yang alergi terhadap laktosa sebaiknya jangan minum susu karena bisa menyebabkan distress usus dan merangsang penumpukan gas di perut. Anda bisa mengganti susu dengan yogurt bebas laktosa, susu kedelai, dan tahu.

10. Olahraga

Keringat yang dihasilkan dari berolahraga bisa merangsang perginya racun dan meningkatkan pergerakan usus yang membantu metabolisme tubuh. Dengan begitu pencernaan menjadi lancar dan Anda terhindar dari kembung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini