Kelamaan WFH Berat Badan Naik, Begini Cara Menurunkannya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 05 Oktober 2021 23:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 05 612 2481569 kelamaan-wfh-berat-badan-naik-begini-cara-menurunkannya-VvZyW81b0u.jpg WFH makan terus (Foto: Shutterstock)

SEJATINYA pandemi telah menyulitkan semua orang dalam segala hal. Di satu sisi, ada ketakutan yang berkepanjangan akan terinfeksi, sementara di sisi lain, tinggal di rumah sepanjang hari menyebabkan peningkatan kenaikan berat badan dan masalah kesehatan mental.

Lebih dari 60 persen orang dewasa telah menyaksikan perubahan berat badan mereka sejak awal pandemi. Itu terutama karena rendahnya tingkat aktivitas fisik dan makan berlebihan.

Jika Anda salah satu yang berjuang menurunkan berat badan akibat terlalu lama WFH karena pandemi, berikut 5 hal yang perlu Anda lakukan, sebagaimana dilansir Times of India.

 makan

1. Makan dengan penuh kesadaran

Makan dengan penuh kesadaran adalah langkah penting dalam menurunkan dan mempertahankan berat badan yang sehat. Bahkan jika Anda makan makanan sehat, jangan berlebihan.

Saat makan makanan harian Anda, ingatlah bahwa setiap makanan yang Anda taruh di piring Anda memiliki sejumlah kalori termasuk minuman Anda.

2. Tambahkan lebih banyak serat ke piring Anda

Saat kita duduk,terkadang kita merasa lapar lebih dari biasanya. Itu sebabnya kebanyakan orang cenderung makan berlebihan di akhir pekan dibandingkan hari kerja.

Jadi, salah satu cara terbaik untuk menahan rasa lapar adalah dengan meningkatkan asupan serat. Makanan kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

Mereka mendukung kesehatan pencernaan, meningkatkan jumlah bakteri usus dan mencegah sembelit, masalah kesehatan lain yang meningkat selama pandemi. Namun ingat untuk mengonsumsi serat juga dalam jumlah terbatas.

3. Makan sesuai jadwal

Saat Anda makan sebelum waktunya atau melewati waktu makan Anda, Anda cenderung makan berlebihan. Itu karena ketika Anda lapar, Anda makan dengan cepat dan kehilangan jumlah makanan yang telah Anda konsumsi.

Akibatnya, Anda makan lebih banyak. Perbaiki waktu makan Anda sesuai dengan ritme jantung Anda dan patuhi itu untuk menghindari makan berlebihan.

4. Tingkatkan aktivitas Anda

Makan berlebihan juga terjadi karena kebosanan. Ketika kita tidak ada aktivitas, kita mendambakan lebih banyak makanan yang tidak sehat dan berlemak. Untuk menghindari hal ini, jagalah diri Anda tetap terlibat.

Berolahraga, pergi bekerja, atau lakukan hobi baru untuk menyibukkan diri. Ini akan membantu mengalihkan perhatian Anda dari makanan dan juga akan mengangkat suasana hati Anda dan mengurangi tingkat stres.

5. Perhatikan tingkat asupan air Anda

Terkadang, terutama di musim hujan, kita cenderung minum lebih sedikit air. Hal ini menyebabkan dehidrasi, yang sering disalahartikan dengan rasa lapar.

Karenanya, pantau tingkat asupan air harian Anda. Bahkan ketika Anda merasa lapar, tepat setelah makan atau di antara waktu makan Anda, minumlah segelas air untuk mengetahui apakah Anda benar-benar lapar atau hanya haus. Anda juga bisa minum jus buah dan air kelapa untuk meningkatkan tingkat asupan air harian Anda.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini