5 Tanaman Aquascape Tanpa CO2, Praktis dan Indah Dipandang

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 05 Oktober 2021 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 05 612 2481581 5-tanaman-aquascape-tanpa-co2-praktis-dan-indah-dipandang-nnlFpwxABz.jpeg Tanaman aquascape tanpa CO2 (Foto: Reddit)

Tanaman aquascape tanpa CO2 masih dicari, terutama saat pandemi. Menghias aquascape memang menjadi salah satu hobi yang cukup populer saat pandemi.  

Selama pandemi Covid-19, adakalanya seseorang merasa bosan dan jenuh karena terlalu lama belajar maupun bekerja dari rumah. Tentunya harus ada aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan untuk mengusir kepenatan selama masa pandemi, bermain aquascape bisa jadi solusinya. 

Ya, sebenarnya dunia aquascape sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Selain indah dipandang, aquascape juga memiliki nilai seni yang tinggi. Bagi para pemula yang ingin terjun ke dunia aquascape sebenarnya tidaklah terlalu sulit, sebab ada beberapa jenis tanaman yang tidak membutuhkan karbon dioksida (CO2) agar dapat hidup.

Merangkum dari Pet Wave, Selasa (5/10/2021), berikut lima tanaman hias aquascape yang tidak membutuhkan CO2 untuk bertahan hidup. Yuk, disimak.

1. Java Fern

Tanaman Aquascape Tanpa CO2

(Tanaman Aquascape Tanpa CO2, Foto: Tankaddict)

Java fern atau lebih dikenal sebagai pakis Jawa adalah tanaman akuarium yang sempurna untuk pemula. Tanaman ini sangat kokoh, mudah beradaptasi dengan kondisi dan parameter air yang berbeda, menjadikannya tanaman ini mudah untuk ditanam.

2. Anubias

Tanaman Aquascape Tanpa CO2

(Tanaman Aquascape Tanpa CO2, Foto: Aquarium Co-Op)

Anubias adalah genus tanaman berbunga air dan semi-akuatik dalam keluarga Araceae, asli Afrika tengah dan barat tropis. Mereka terutama tumbuh di sungai dan sungai, tetapi juga dapat ditemukan di rawa-rawa.

Baca Juga : 9 Tahap Membuat Aquascape bagi Pemula

3. Cryptocoryne

Tanaman Aquascape Tanpa CO2

(Tanaman Aquascape Tanpa CO2, Foto: TFH Magazine)

Bagi Anda yang ingin melakukan aquascape dengan ikan yang lumayan besar, maka tanaman ini bisa menjadi solusi yang tepat. Cryptocoryne cocok untuk ikan besar karena akarnya yang kuat mencegah tanaman akuarium tercabut dari ikan pemakan tanaman seperti Cichlids.

4. Amazon Swords

Tanaman Aquascape Tanpa CO2

(Tanaman Aquascape Tanpa CO2, Foto: Fishkeeping World)

Amazon Swords adalah genus yang bagus untuk kolam, taman air, atau aquascape akuarium. Akar Amazon Swords membantu menganginkan dan meminimalkan kantong anaerobik di substrat akuarium. Selain itu, daun Amazon Sword juga penuh dengan nutrisi.

5. Vallisneria

Tanaman Aquascape Tanpa CO2

(Tanaman Aquascape Tanpa CO2, Foto: Aquarium Co-Op)

Vallisneria adalah salah satu tanaman akuarium termudah untuk tumbuh dan membentuk latar belakang hijau vertikal panjang pada aquascape. Ketika digunakan dalam penanaman kelompok besar, daun Vallisneria yang panjang memberikan keteduhan dan ruang persembunyian bagi ikan tropis kecil. Selain itu tanaman ini juga membantu mengurangi stres pada ikan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini