Tips: Sehat di Badan dan di Kantong saat Bepergian Menggunakan Pesawat

MNC Media, Jurnalis · Rabu 06 Oktober 2021 15:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 06 612 2482204 tips-sehat-di-badan-dan-di-kantong-saat-berpergian-menggunakan-pesawat-VeHbrHaGzs.jpg Mr Aladin

AKTIVITAS di Bandara Internasional Soekarno-Hatta meningkat beberapa waktu terakhir. Tercatat ada lebih dari 450 penerbangan (take off-landing) di Bandara tersebut.

Executive General Manager Bandara Soetta PT Angkasa Pura II, Agus Haryadi mengatakan, setidaknya 40 ribu penumpang bepergian melalui Bandara Soetta pada hari kerja dan mencapai 50 ribu lebih di akhir pekan.

"Kalau penerbangan sekitar 450 per hari, tapi masih jauh dibandingkan kondisi normal yang mana normal itu sehari 1.200 flight. Kalau penumpang di angka 180 ribu sampai dengan 200 ribu," sebut Agus.

Mobilitas penumpang seperti yang terjadi di Bandara Soetta ini menandakan semakin banyak orang melakukan perjalanan. Bagaimana dengan rencana perjalanan Anda? Jika Anda akan merealisasikan rencana perjalanan dengan pesawat udara dalam waktu dekat ini, tentu Anda ingat untuk tetap menjaga protokol kesehatan karena kita masih dalam kondisi pandemi.

Berikut ini tips dari Healthline yang dapat Anda coba agar tetap sehat dan aman ketika melakukan perjalanan.

Pertimbangkan hal yang membuat Anda merasa aman

Lakukan vaksinasi sebelum berpergian karena hal ini membuat Anda merasa lebih aman dan terlindungi, tentu ditambah protokol kesehatan yang ketat. Kenakan satu atau dua masker, dan ganti masker Anda setiap jam. Gunakan hand sanitizer setelah menerima barang apa pun dari pramugari dan saat Anda menggunakan kamar mandi.

Siap sedia hand sanitizer

Setelah melakukan aktivitas penerbangan, Anda harus menjaga kebersihan tangan Anda.

Pembersih tidak selalu tersedia, jadi simpanlah hand sanitizer di tangan atau tas Anda untuk memudahkan penggunaan. Pastikan pembersih yang Anda pilih efektif dan memenuhi standar keamanan dengan kandungan alkohol setidaknya 60%.

Hindari kerumunan besar

Menjaga jarak fisik adalah kunci untuk melindungi diri sendiri dan orang lain. Mengatur kegiatan jalan-jalan di luar jam sibuk adalah salah satu cara untuk menghindari keramaian.

Gunakan masker yang cocok untuk Anda

Gunakan masker untuk menjaga diri dari paparan virus dan pastikan Anda membawa cadangan masker untuk menggantinya. Ganti masker Anda sesering mungkin dan simpan masker ekstra untuk berjaga-jaga jika masker Anda hilang atau rusak.

Mengenakan masker tidak hanya melindungi Anda. Ini membantu membuat orang lain merasa nyaman. Jika Anda merasa sulit memakai masker wajah untuk waktu yang lama, pertimbangkan untuk menemukan masker yang lebih nyaman.

Persiapan adalah kuncinya

Pertimbangkan untuk mengatur semua yang Anda butuhkan jauh-jauh hari sebelumnya. Persiapkan dokumentasi tes PCR, vaksinasi, dan kondisi medis Anda. Anda dapat menyimpannya dalam tempat khusus agar mudah diakses saat dibutuhkan.

Di Indonesia, ketika melakukan perjalanan menggunakan moda transportasi udara, Anda wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Berikut ini persyaratan bagi penumpang pesawat udara :

1. Kedatangan dari luar Jawa dan Bali, atau keberangkatan dari Jawa dan Bali ke luar Jawa dan Bali:

• Menunjukkan kartu vaksinasi minimal dosis pertama

• Menunjukkan hasil negatif PCR (2x24 jam sebelum keberangkatan).

2. Perjalanan antarkota atau kabupaten di dalam Jawa dan Bali:

• Menunjukkan hasil negatif antigen (1x24 jam sebelum keberangkatan) dengan syarat sudah memperoleh vaksinasi dosis kedua

• Menunjukkan hasil negatif PCR (2x24 jam sebelum keberangkatan) jika baru memperoleh vaksin dosis pertama.

Mr Aladin

Selain menjaga kesehatan badan, saat berpergian Anda juga harus memikirkan kesehatan kantong Anda. Rencana perjalanan Anda akan lebih sempurna jika budget ikut terkendali.

Mister Aladin menyediakan promo spesial yang bisa Anda manfaatkan. Anda bisa dapat memesan tiket pesawat dengan promo Pengabdi Diskonan. Dapatkan diskon hingga Rp250.000 untuk semua rute penerbangan domestik.

“Melihat kondisi saat ini, moda transportasi pesawat sudah mulai dipilih masyarakat untuk bepergian. Tapi, masyarakat harus ingat bahwa Covid-19 masih ada. Maka dari itu, masyarakat harus waspada dengan mendapatkan vaksin, tes Covid-19 sebelum berangkat, dan pastinya menjalankan prokes," sebut Nitha Sudewo, Chief Operating Officer Mister Aladin (01/10/2021).

"Mister Aladin akan membantu menjaga “kesehatan” dompet konsumen dengan promo Pengabdi Diskonan ini agar perjalanan selama pandemi bisa jadi lebih hemat,” tambahnya.

Anda bebas terbang kapan saja dan dapatkan diskonnya dengan menggunakan kode promo yang tertera di www.misteraladin.com/promotions/pengabdipesawat

Promo Pengabdi Diskonan ini berlangsung hingga tanggal 31 Oktober 2021 mendatang dengan kuota yang terbatas. Pastikan Anda dapatkan diskonnya sekarang sebelum kehabisan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini