Jakcloth Online Dukung Fashion Lokal Berjaya di Masa Pandemi

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 07 Oktober 2021 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 07 194 2482535 jakcloth-online-dukung-fashion-lokal-berjaya-di-masa-pandemi-NDGIZm8f06.jpg Ilustrasi (Foto : The Business Journals)

JAKCLOTH sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat, khususnya Ibu Kota. Acara festival busana fashion lokal tersebut bahkan kerap menghadirkan bintang tamu penyanyi yang sedang digandrungi masyarakat.

Itu kenapa, Jakcloth kerap dianggap sebagai event anak muda yang bukan hanya soal belanja busana produk lokal, tetapi juga pentas seni musik yang dijadikan hiburan.

Namun, karena pandemi Covid-19, Jakcloth belum bisa dilangsungkan secara langsung. Kini, formatnya berubah menjadi belanja online yang tentunya akan mempermudah masyarakat membeli koleksi produk lokal yang disukai di rumah saja.

Belanja saat Pandemi

Konsep ini diakui Direktur Jakcloth, Perdana Kusuma, masih banyak disukai masyarakat. Artinya, meski pandemi, daya beli masyarakat terhadap produk lokal masih cukup tinggi dan itu kenapa Jakcloth online kembali dihadirkan tahun ini.

"Kami kembali menggelar Jakcloth online bersama Tokopedia selama 7 hari, dimulai 5 hingga 11 Oktober 2021. Kami gelar Jakcloth online ini seiring dengan antusiasme masyarakat dalam belanja produk lokal yang masih tinggi," kata Perdana pada MNC Portal, Kamis (7/10/2021).

Baca Juga : JakCloth Umumkan Tutup, Netizen: Brand Lokal Mulai Hilang

Dari informasi yang dipegang Perdana, ia cukup yakin bahwa keadaan pandemi seperti ini tidak menyurutkan semangat masyarakat untuk tetap berkarya dan membeli produk lokal karya anak bangsa.

"Itu kenapa kami menggelar event ini, berkolaborasi dengan e-commerce, juga untuk para pengusaha produk lokal supaya mereka memiliki medium menjual produknya ke masyarakat di masa pandemi seperti sekarang," tambahnya.

Di sisi lain, Senior Lead Fashion Tokopedia, Aldhy Darmayo, mengungkapkan bahwa pihaknya akan selalu mendukung upaya mendukung produk lokal, terutama di bidang fashion untuk terus beradaptasi di tengah pandemi.

"Kami berharap kolaborasi ini bisa membantu UMKM fashion lokal bisa tetap tumbuh meski di masa pandemi. Ini upaya kami mendorong produk lokal terus eksis di negeri sendiri," ungkapnya.

Beberapa merek fashion lokal yang ikut berpartisipasi di Jakcloth online ini antara lain Roughneck, Jansport, Owners, Matsuda Apparel, Papperdine Jeans, Bodypack, Erigo, Heyho!, Daily Outfit, Jakcloth Premium Brand, Live Haf, Cottonology, Someone, Mules, Hommes Apparel, Shining Bright, Geoff Max, Aero Street, dan masih banyak lagi. Keren banget, ya! 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini