Finlandia Segera Suntik Vaksin Covid-19 ke Hewan Mink

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 07 Oktober 2021 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 07 481 2482582 finlandia-segera-suntik-vaksin-covid-19-ke-hewan-mink-vmK9mJRo5I.jpg Finlandia segera vaksinasi Mink (Foto : Euronews)

Petani di Finlandia akan mulai memvaksinasi seluruh populasi hewan mink, tujuannya jelas agar hewan-hewan itu terbebas dari serangan Covid-19. Pemerintah pun mendukungnya.

Ya, otoritas lokal di negara itu memberikan izin untuk menggunakan dosis vaksin yang dimiliki Finlandia untuk dipakai memvaksin hewan mink. "Vaksin yang akan dipakai adalah vaksin eksperimental," terang Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Finlandia, dikutip dari Euro News, Kamis (7/10/2021).

"Perlu ditekankan bahwa vaksinasi pada mink baru akan dilakukan jika seluruh dosis vaksin sudah tak ada lagi yang artinya semua penduduk sudah mendapatkan vaksin Covid-19," ungkap Liisa Kaartinen, kepala BPOM Finlandia.

Mink

Hibah untuk vaksinasi mink akan berlangsung hingga Desember, ketika data baru perlu disediakan tambahannya.

Baca Juga : Antibodi Vaksin Pfizer Turun 10 Kali Lipat dalam 7 Bulan

Ada alasan penting menurut petani mengapa mink perlu mendapatkan vaksin Covid-19. Adalah karena mink dibiakkan di negara itu untuk diambil bulunya yang kemudian dipakai manusia. Dengan alasan keamanan bagi manusia, itu kenapa vaksin diperlukan untuk meminimalisir kontaminasi dari bulu mink ke manusia.

"Mink adalah satu-satunya hewan di Finlandia yang sangat berpotensi menularkan Covid-19 ke manusia. Hewan itu ancaman nyata bagi efektivitas vaksin di masa depan," terang laporan tersebut.

Terkait alasan tersebut, Denmark bahkan memusnahkan semua mink yang ada di negara tersebut, terlebih peneliti di sana menemukan kasus jenis virus baru akibat mutasi yang mulai menyerang peternakan November 2020.

Di sisi lain, Asosiasi Peternak Mink Finlandia ternyata sudah bekerja sama dengan peneliti di Universitas Helsinki untuk mengembangkan vaksin bagi hewan untuk mengendalikan dan mencegah penyebaran virus.

"Kami telah menyiapkan sekitar setengah juta dosis yang seharusnya cukup untuk memvaksinasi semua hewan sebanyak dua dosis," kata Kepala Peneliti Jussi Peura.

Karena uji klinis belum selesai, vaksin tidak dapat didistribusikan secara komersial dan harus digunakan sesuai prosedur ketat di 1.000 peternakan Finlandia. Sejauh ini, tidak ada kasus Covid-19 yang ditemukan di hewan mink di negara tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini