Faktor Risiko Penyakit Jantung Terbagi Dua, Simak Cirinya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 07 Oktober 2021 21:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 07 481 2482973 faktor-risiko-penyakit-jantung-terbagi-dua-simak-cirinya-l6Ujd92Ycf.jpg Sakit jantung (Foto: Insider)

PENYAKIT jantung masih menjadi penyebab utama kematian di seluruh dunia. Jantung memegang fungsi vital pada tubuh manusia, sehingga dibutuhkan perhatian dan juga penanganan serius untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI), dr. Radityo Prakoso, SpJP (K), FIHA mengatakan, setiap manusia memiliki faktor risiko penyakit jantung. Faktor risiko tersebut terbagi menjadi dua bagian, yakni yang dapat dimodifikasi, dan juga tidak dapat dimodifikasi.

 sakit jantung

Ia menjelaskan bahwa faktor yang tidak dapat dimodifikasi meliputi genetik atau keturunan, jenis kelamin, dan usia. Sementara faktor risiko yang tidak dapat dimodifikasi meliputi, diet yang tidak sehat karena kebiasaan masakan orang Indonesia, kurangnya aktivitas fisik, merokok, dan stres.

“Kondisi stres menyebabkan tekanan darah pada tubuh meningkat. Tekanan darah tinggi yang tidak dapat diatasi dengan baik, dapat menyebabkan seseorang mengalami serangan jantung,” kata dr. Radityo, dalam webinar ‘Pola Makan Rendah Lemak untuk Jantung Lebih Sehat’, Kamis (7/10/2021).

Dokter Radityo pun menjelaskan langkah-langkah pencegahan penyakit jantung yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Diet makan sehat

2. Melakukan aktivitas fisik

3. Berhenti merokok

4. Menghindari stres

5. Konsultasikan ke dokter apabila sudah ada gejala

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini