Haid Tak Lancar, Coba Atasi dengan Cara Ini

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 07 Oktober 2021 13:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 07 612 2482702 haid-tak-lancar-coba-atasi-dengan-cara-ini-uWUyheLUnj.jpg Haid tak lancar (Foto: Lindsey elmore)

SEJATINYA haid merupakan hal yang lazim dialami oleh perempuan setiap bulanannya. Namun tak semua bisa berjalan dengan baik melalui periode tersebut, ada yang terhambat (amenore) karena beberapa faktor yang menjadi alasannya.

Dilansir dari laman Health Line, penyebab seorang perempuan atau wanita terhambat menstruasinya antara lain stres, olahraga berlebihan, ketidakseimbangan hormon, kelainan genetik, obat-obatan, hingga kemoterapi.

 haid

Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Perawatan untuk amenore bervariasi tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Ketidakseimbangan hormon dapat diobati dengan hormon tambahan atau sintetis, yang dapat membantu menormalkan kadar hormon.

Ketika Anda memeriksakannya, dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan seperti tes hingga CT scan untuk mengetahui apakah ada yang salah dengan siklus menstruasinya.

Akan tetapi apabila Anda memiliki pasangan (suami), cobalah melakukan test pack untuk memastikan apakah Anda hamil. Sebab ketika kehamilan datang maka menstruasi otomatis akan terhenti.

Selain itu Anda bisa mencobanya dengan minuman herbal atau jamu-jamuan seperti kunyit asam, beras kencur yang dicampur air rebusan jahe merah.

Kemudian beberapa buah-buahan juga bisa membantu Anda melancarkan menstruasi, karena di dalamnya terdapat zat dan vitamin yang membuat tubuh lebih sehat sehingga haid pun tidak terhambat.

Buah-buahan yang dimaksud yaitu pepaya, kurma dan makanan atau buah yang kaya akan vitamin C tinggi, karena berpengaruh terhadap lancarnya siklus menstruasi Anda.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini