10 Makanan untuk Cegah Kerontokan Rambut, Mudah Dicari Kok

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 08 Oktober 2021 19:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 08 298 2483395 10-makanan-untuk-cegah-kerontokan-rambut-mudah-dicari-kok-612JZSmDlq.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

RAMBUT rontok memang menjadi mimpi buruk bagi pria maupun wanita. Kerontokan rambut pun bisa membuat orang mengalami kebotakan dini, yang tentu saja mengganggu penampilan seseorang.

Biasanya, jika Anda kehilangan 50-100 helai rambut, tidak perlu khawatir karena mereka cenderung tumbuh kembali. Tetapi jika lebih dari itu, ini membutuhkan perhatian lebih.

Meskipun Anda mungkin menggunakan masker buatan sendiri atau produk organik, itu tidak akan berfungsi sampai Anda mengatur pola makan alias diet. Nutrisi yang tepat adalah penting dan itulah mengapa kita perlu memiliki diet yang kaya nutrisi.

Pilihan gaya hidup kita juga memainkan peran utama dalam kerontokan rambut selain genetika dan faktor lingkungan lainnya. Meskipun suplemen adalah pilihan, Anda tidak harus selalu bergantung padanya. Rambut yang kuat dan sehat dapat dicapai melalui diet yang tepat.

Karenanya, melansir Pinkvilla pada Jumat (8/10/2021), berikut adalah 10 makanan yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut sehingga kerontokan rambut pun dapat berkurang.

Rambut

Telur

Telur adalah sumber protein yang bagus untuk membantu pertumbuhan rambut. Mereka dikemas dengan Vitamin B yang memperkuat folikel rambut dan kuku. Mereka juga kaya akan seng, zat besi dan selenium.

Bayam

Saya tidak tahu mengapa banyak orang menolak makan sayuran. Padahal, ini sarat dengan nutrisi dan merupakan sumber zat besi dan vitamin yang penting untuk rambut. Mereka mengandung sebum yang menghasilkan rambut sehat.

Lentil

Lentil juga mengandung protein, zat besi, seng dan biotin. Mereka memelihara kulit kepala dan memberikan oksigen ke folikel rambut yang mencegah kerusakan dan kerontokan.

Wortel

Wortel memiliki Vitamin A yang meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan sehingga membuatnya lebih tebal dan kuat. Nutrisi yang ditemukan dalam wortel meningkatkan sirkulasi darah kita sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut.

Biji bunga matahari

Biji bunga matahari dikemas dengan mineral yang meningkatkan pertumbuhan rambut dan juga bekerja untuk memperbaiki folikel yang rusak. Anda dapat menambahkan ini ke salad atau oatmeal Anda tetapi hindari makan terlalu banyak.

Ikan

Asam lemak omega 3 sama pentingnya untuk rambut Anda dan ini ditemukan pada ikan berlemak seperti salmon. Mereka dapat meningkatkan kepadatan rambut Anda dan mengurangi penipisan. Mereka juga mengandung protein dan vitamin penting lainnya.

Kacang

Kacang-kacangan seperti almond dan walnut merupakan sumber vitamin, asam lemak, asam omega, dan biotin yang sangat baik. Mereka memperkuat rambut dan sama-sama bergizi.

Berry

Buah beri juga mengandung nutrisi dan senyawa yang sehat serta memiliki sifat anti-oksidatif yang dapat menyembuhkan kerusakan rambut. Mereka juga menghasilkan kolagen yang memperkuat rambut dan juga memberi Anda kulit bercahaya.

Ubi jalar

Vitamin A diperlukan untuk pertumbuhan rambut dan memasukkan ubi jalar ke dalam makanan Anda dapat membantu Anda mencapainya. Mereka membantu Anda melawan masalah kerontokan rambut dan menghasilkan sebum yang menjaga rambut tetap sehat dan mendorong pertumbuhannya.

Ayam

Ayam juga merupakan sumber yang kaya protein yang merangsang pertumbuhan rambut. Ini seharusnya tidak menjadi masalah karena mereka enak untuk dimakan. Dan hanya protein yang memberi makan protein. Tetapi jika Anda seorang vegetarian, Anda bisa beralih ke kacang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini