Minum Antibiotik Bisa Menyembuhkan Pasien Covid-19? Ini Faktanya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 09 Oktober 2021 06:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 09 481 2483626 minum-antibiotik-bisa-menyembuhkan-pasien-covid-19-ini-faktanya-ZzZQK5LPaK.jpg Ilustrasi antibiotik disebut bisa menyembuhkan pasien covid-19. (Foto: Shutterstock)

SELAMA masa pandemi covid-19, banyak sekali informasi palsu maupun hoaks yang beredar di masyarakat. Belum lama ini muncul kabar yang menyatakan bahwa mengonsumsi antibiotik seperti amoksisilin dapat menyembuhkan orang yang terinfeksi covid-19. Lantas, benarkan hal tersebut?

Merangkum dari unggahan akun Instagram Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) @lawancovid19_id, Sabtu (9/10/2021), dipastikan bahwa informasi tersebut keliru atau hoaks.

Baca juga: 2 Mie Instan Indonesia yang Jadi Favorit Kritikus New York 

"Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menjelaskan bahwa antibiotik tidak dapat digunakan untuk mencegah atau mengobati covid-19. Namun mereka yang dirawat di rumah sakit akibat covid-19 dapat menerima antibiotik karena penyakit tersebut dapat menyebabkan infeksi bakteri lainnya," tulis unggahan tersebut.

Ilustrasi hoaks. (Foto: Okezone)

Profesor dari Universitas Chulalongkorn Thailand, dr Thira Woratanarat, menyebut amoksisilin adalah obat antibiotik yang dirancang untuk digunakan melawan bakteri. Meski demikian, amoksisilin belum terbukti efektif melawan virus, termasuk covid-19.

Baca juga: Belanja di Pasar, Jangan Lupakan Protokol Kesehatan Covid-19 

"Para ahli kesehatan juga memperingatkan bahwa penyalahgunaan antibiotik dapat menyebabkan infeksi bakteri yang resisten terhadap obat," lanjutnya.

Oleh karena itu, masyarakat diimbau berhati-hati dengan informasi terkait kesehatan yang beredar tidak melalui kanal-kanal resmi seperti unggahan di media sosial atau pesan singkat.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini