Dokter Tirta Bahas Mitos Sembuhkan Sariawan dengan Cabai atau Makanan Pedas

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 09 Oktober 2021 10:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 09 481 2483679 dokter-tirta-bahas-mitos-sembuhkan-sariawan-dengan-cabai-atau-makanan-pedas-G2HU0O4uCJ.jpg Dokter Tirta Mandira Hudhi. (Foto: YouTube Tirta PengPengPeng)

DOKTER Tirta Mandira Hudhi atau akrab disapa dr Tirta merupakan dokter muda sekaligus pengusaha. Ia kembali membuat video yang bermanfaat bagi penonton setelah mendapat respons positif dari video edukasi mengenai virus corona. Dokter Tirta seringkali membuat konten edukasi kesehatan di media sosial, di antaranya melalui YouTube.

Setelah membuat video edukasi mengenai bahaya begadang dan rebahan terlalu lama, dr Tirta kembali membuat video yang bermanfaat bagi penonton. Kali ini dr Tirta menjawab rasa penasaran penonton dengan membuat video khusus membahas mengenai mitos atau fakta.

Salah satu pertanyaan yang dibahas dr Tirta yaitu mengenai bahaya jatuh dan mencederai tulang ekor. dr Tirta pun mengingatkan penonton untuk berhati-hati ketika bercanda dan menghindari benturan di kepala, tulang belakang, sampai tulang ekor. Ia menyebutkan bahwa kecelakaan yang terjadi di tulang ekor dapat berakibat buruk seperti kelumpuhan.

Dokter Tirta Mandira Hudhi. (Foto: YouTube Tirta PengPengPeng)

"Buat kamu yang suka bercanda narikin kursi, kalau orangnya itu jatuh duduk kena tulang ekor dan patah, akan ada kelumpuhan. Pada tulang ekor, itu isinya tuh bonggol saraf pusat. Kamu bercanda bahaya, itu bukan hanya buta, lumpuh," ujar dr Tirta.

Kemudian dr Tirta membahas mengenai mitos menyembuhkan sariawan dengan konsumsi makanan pedas. Ia pun lebih menyarankan pengobatan sariawan dengan larutan NaCl atau air steril.

"Pedas itu enggak mengeluarkan impact apa pun, cuma terasa panas saja, enggak berbahaya tapi enggak bermanfaat. Kalau sariawan kumur NaCl atau air steril untuk menghindari radang, dikasih cabai enggak ngaruh," ujar dr Tirta.

Bagi yang sudah penasaran, yuk simak penjelasan lengkap dr Tirta hanya di YouTube channel Tirta PengPengPeng.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini