Jamaah Indonesia Bisa Umrah Lagi, Kemenkes Imbau Jalankan Prokes Ketat

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 09 Oktober 2021 22:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 09 481 2483865 jamaah-indonesia-bisa-umrah-lagi-kemenkes-imbau-jalankan-prokes-ketat-C8nEKZdF7z.jpg Ilustrasi ibadah umrah di tengah pandemi covid-19. (Foto: Reuters)

PEMERINTAH Arab Saudi resmi membuka kembali ibadah umrah untuk jamaah Indonesia. Tentunya kondisi ini menjadi angin segar bagi kaum Muslimin Tanah Air yang sudah sangat rindu pergi ke Tanah Suci.

Lantas, apa yang harus diterapkan jamaah umrah Indonesia ketika pergi ke Tanah Suci kelak? Pasalnya, mobilitas yang tinggi bisa menyebabkan peningkatan kasus covid-19.

Baca juga: Breaking News, Arab Saudi Kembali Membuka Umrah untuk Jamaah Indonesia 

Jubir Vaksinasi Covid-19 Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi. (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)

"Ke depan kita akan hidup berdampingan dengan covid-19. Tentunya selama protokol kesehatan (prokes) dijalankan dan sudah divaksin, kita dapat mencegah penularan," terang Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr Siti Nadia Tarmizi kepada MNC Portal, Sabtu (9/10/2021).

Sebagaimana diketahui, untuk mengantisipasi persebaran covid-19 di masyarakat, pemerintah mempertimbangkan menetapkan masa periode karantina selama 5 hari. Ini juga berlaku bagi jamaah umrah yang tidak memenuhi standar kesehatan yang dipersyaratkan.

Baca juga: 50 Ribu Jamaah Umrah Indonesia Siap Berangkat ke Tanah Suci Tahun Ini 

"Memastikan proses karantina setelah kepulangan. Prosedur tetap (protap) dan prokes juga disusun untuk memastikan pelaksanaannnya tetap mencegah penularan covid-19," tuntasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini