Idap Penyakit Langka, Gadis 16 Tahun Ini Miliki Wajah seperti Nenek-Nenek

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 09 Oktober 2021 15:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 09 612 2483748 idap-penyakit-langka-gadis-16-tahun-ini-miliki-wajah-seperti-nenek-nenek-TMnaMmROQy.jpg Remaja 16 tahun Raizel Calago mengidap penyakit langka progeria. (Foto: Oddity Central)

SEORANG gadis berusia 16 tahun bernama Raizel Calago menderita penyakit langka yang disebut progeria. Penyakit tersebut membuat fisiknya di bagian wajah terlihat empat kali lebih tua dibanding usia aslinya.

Hanya dalam waktu dua tahun, Raizel Calago berubah dari seorang gadis muda yang cantik menjadi wanita tua. Ia bahkan kerap disangka sebagai nenek-nenek oleh sebagian orang.

Baca juga: Akhir Pekan, Presiden Jokowi Asyik Main Sepeda Bareng Sedah Mirah 

Dikutip dari laman Oddity Central, Sabtu (9/10/2021), gadis asal Filipina itu mengungkapkan mulai melihat kerutan di kulitnya hanya dalam beberapa hari setelah ruam muncul di sekujur tubuhnya. Ia merasakan bintik-bintik merah dan gatal yang menyakitkan.

Remaja 16 tahun Raizel Calago mengidap penyakit langka progeria. (Foto: Oddity Central)

Rasa sakit tersebut muncul ketika bintik merah itu disentuh. Ketika pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan, Raizel diberi tahu bahwa penyakit tersebut disebabkan serangga. Ia pun akhirnya diberi obat, tetapi itu tidak membantu.

Baca juga: Wanita Lebih Berisiko Terkena Osteoporosis, Dokter Ungkap Penyebabnya 

Raizel justru mulai mengalami perubahan fisik pada penampilannya yang tampak menyerupai nenek-nenek. Tentunya kondisi yang dialami ini membuat hati sang ibu menjadi sangat sedih.

"Sangat menyakitkan ketika mereka memberi tahu saya bahwa putri saya terlihat lebih tua dari saya. Kadang-kadang saya membayangkannya ketika dia menjadi tua dan melihat betapa cantiknya dia," kata Joela, ibunda Raizel.

Ia menambahkan, Raizel tampak sangat cantik sejak masih bayi. Tetapi saat ini wajahnya sangat jauh dari dibanding ketika muda. Sejak penampilannya berubah, gadis 16 tahun itu juga malu bergaul dengan teman-temannya seperti dulu.

Dia memilih menghindari keluar tanpa masker yang menutupi sebagian besar wajahnya. Sebab, Raizel sangat malu dengan penampilannya. Hal yang dia inginkan saat ini hanyalah agar semuanya kembali seperti beberapa tahun sebelumnya.

Baca juga: Hadiri Premier Film Spencer, Kristen Stewart Tampil Cantik Pakai Strapless Dress Berkilau 

"Mereka bertanya kepada saya mengapa penampilan saya makin tua. Saya tidak menjawabnya karena saya juga tidak tahu apa yang terjadi. Saya selalu berdoa agar saya menjadi lebih baik dan kulit serta penampilan saya yang lama akan kembali," kata Raizel.

Belum lama ini Raizel tampil di acara televisi populer 'Kapuso Mo, Jessica Soho' dan tim produksi acara membawanya ke ahli endokrinologi dr James Young. Saat itu dokter mendiagnosis dirinya mengalami progeria.

Baca juga: Indonesia Diminta Tetap Waspada, Belajar Ledakan Kasus Covid-19 di Singapura dan Korea 

Menurut dokter, kondisi yang sangat langka ini menyebabkan kerutan atau penuaan pada kulit. Selain itu, pertumbuhan menjadi terhambat dan meningkatkan risiko mengalami serangan jantung, gagal jantung, dan stroke.

Sayangnya, perubahan fisik yang disebabkan progeria tidak dapat diubah, sehingga yang dapat dilakukan dokter sekarang adalah melakukan yang terbaik untuk mencegah munculnya masalah kardiovaskular.

Selain itu, dokter juga mengupayakan pengobatan osteoporosis dan masalah persendian yang menjadi dua efek samping paling umum dari progeria.

Baca juga: Dokter Tirta Bahas Mitos Sembuhkan Sariawan dengan Cabai atau Makanan Pedas 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini