5 Cara Menjaga Kesehatan Mental di Rumah Selama Pandemi

Siska Permata Sari, Jurnalis · Minggu 10 Oktober 2021 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 10 481 2484022 5-cara-menjaga-kesehatan-mental-di-rumah-selama-pandemi-RDE8niRf1x.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

HARI Kesehatan Mental Sedunia diperingati setiap tanggal 10 Oktober sejak tahun 1992. Adanya peringatan ini adalah untuk kembali meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kesehatan mental.

Menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Untuk cara menjaganya pun tak jauh berbeda, mulai dari mengonsumsi makan makanan yang sehat, mendapatkan tidur yang cukup, dan olahraga secara teratur.

Namun di luar itu, ada cara-cara yang tak kalah penting untuk menjaga kesehatan mental. Cara-cara ini sangat mudah dilakukan dan dapat membantu meningkatkan kesehatan mental Anda.

Berikut lima cara menjaga kesehatan mental di rumah, seperti dirangkum dari The Healthy, Minggu (10/10/2021).

Bersyukur

Berdoa

Cara yang pertama adalah bersyukur. Meski kedengarannya klise, cara yang satu ini ternyata memang ampuh meningkatkan kesehatan mental. Penelitian dari tahun 2019 dalam Journal of Positive Psychology telah menemukan, bahwa rasa syukur dapat meningkatkan harapan dan rasa bahagia Anda.

Jadi, cobalah meluangkan waktu untuk bersyukur setiap hari. Anda bisa mencoba dengan menuliskan hal-hal apa saja yang Anda syukuri setiap hari di sebuah jurnal atau catatan yang bisa ditempel di dinding kamar atau di tempat-tempat yang sering Anda lihat.

Baca Juga : World Mental Health Day: Kesehatan Mental untuk Semua, Wujudkan Menjadi Nyata

Mencoba sesuatu yang berbeda

Adakalanya Anda jenuh dengan rutinitas. Rasa jenuh dan kesibukan yang datang setiap hari dapat saja mengganggu kesehatan mental Anda. Oleh karena itu, cobalah meluangkan waktu untuk melakukan sesuatu yang berbeda, sesuatu yang baru dan menyenangkan. Misalnya, mencoba membuat lukisan, memasak menu makanan baru, membuat kue, memotret, atau mempelajari hal-hal baru yang meningkatan minat dan semangat Anda setiap hari.

Terhubung dengan orang lain

Di masa pandemi seperti sekarang, tidak mudah untuk berinteraksi karena berbagai batasan. Namun, meski begitu bukan berarti Anda harus terlepas dari hubungan sosial. Sebab Anda membutuhkan tetap terhubung dengan orang lain untuk menjaga kesehatan mental Anda. Jika Anda mempunyai waktu luang, cobalah menjangkau orang-orang yang Anda sayangi seperti teman lama, sahabat, atau keluarga, lewat sambungan telepon atau video call.

Interaksi fisik

Berpelukan

Penelitian telah menunjukkan bahwa pelukan selama 10 detik dapat melepaskan hormon pengikat oksitosin. Jika Anda tidak dapat menyentuh seseorang secara fisik, Anda bisa memberi sentuhan kepada diri Anda sendiri.

Misalnya, meletakkan satu tangan di atas tangan yang lain atau memeluk diri sendiri selama sekitar satu menit. Hal ini dapat menanamkan rasa kasih sayang dan membantu Anda rileks. Selain itu, Anda juga bisa melakukan interaksi fisik dengan hewan peliharaan Anda di rumah seperti anjing atau kucing.

Membuat rutinitas menyenangkan sebelum tidur

Cara terakhir ini penting bagi Anda yang kesulitan dalam mendapatkan tidur yang cukup. Karena tidur itu penting untuk kesehatan mental yang lebih baik, cobalah Anda membuat rutinitas yang membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Mulai dari menjauhkan perangkat digital sebelum tidur, melakukan meditasi, mendengarkan musik yang tenang, atau membaca buku.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini