Selain Bikin Segar, Ini 4 Manfaat Mandi untuk Kesehatan Mental

Siska Permata Sari, Jurnalis · Minggu 10 Oktober 2021 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 10 481 2484033 selain-bikin-segar-ini-4-manfaat-mandi-untuk-kesehatan-mental-oDp8xQvxtc.jpg Ilustrasi (Foto : Boldsky)

KESEHATAN mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik secara keseluruhan. Kesadaran ini kembali ditingkatkan lewat Hari Kesehatan Mental Sedunia yang jatuh pada hari ini, 10 Oktober 2021.

Di hari ini, kita kembali lagi tentang betapa pentingnya menjaga kesehatan mental. Banyak cara untuk menjaga kesehatan mental. Salah satu cara yang paling mudah adalah mandi. Ya, mandi ternyata memiliki dampak yang positif bagi kesehatan mental Anda.

Mandi, bukan hanya untuk menjaga kebersihan, tetapi juga membantu menjaga kesehatan mental Anda. Bagaimana bisa? Berikut empat alasan mengapa mandi berkontribusi positif terhadap kesehatan mental Anda, seperti dilansir dari berbagai sumber, Minggu (10/10/2021).

Mengendurkan otot yang tegang

Pikiran yang stres dan perasaan cemas tanpa disadari dapat menegangkan otot-otot dalam tubuh. Namun, dengan mandi air hangat, hal itu dapat mengendurkan otot-otot yang tegang akibat stres dan perasaan cemas tadi. Pada gilirannya, mandi air hangat ini membantu merilekskan tubuh dan pikiran Anda.

Baca Juga : Hari Kesehatan Mental Sedunia, Kenali 8 Gejala Depresi Cegah Bunuh Diri

Menenangkan pikiran

Mandi

Tidak hanya dengan air hangat, mandi menggunakan minyak-minyak esensial juga dapat membuat pikiran Anda lebih rileks dan tenang. Cobalah pertimbangkan untuk meneteskan minyak esensial ke dalam bak mandi.

Anda bisa mencoba beberapa aromaterapi yang menenangkan dan mengurangi kecemasan seperti chamomile, clary sage, dan jeruk bergamot, dan lavender. Anda juga bisa menggunakan sabun mandi yang mengandung minyak esensial tersebut agar kegiatan mandi Anda menjadi menyenangkan dan menenangkan.

Meningkatkan suasana hati

Mandi air hangat memberikan perasaan yang tenang dan nyaman. Hal ini pada gilirannya dapat meningkatkan suasana hati Anda yang sebelumnya tegang atau buruk. Memadukan mandi dengan air hangat dan aromaterapi, bisa menjadi ide yang bagus.

Meningkatkan kualitas tidur

Tidur Nyenyak

Tahukah Anda, bahwa mandi air hangat sebelum tidur dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Sebab, pada malam hari, suhu tubuh kita turun secara alami, dan ini berkontribusi pada produksi melatonin atau hormon tidur.

Namun, berendam air hangat juga dapat meningkatkan suhu tubuh Anda dan menurunkannya dengan lebih cepat, sehingga memicu produksi melatonin yang dapat merangsang Anda untuk tidur. Nah, seperti yang kita tahu, bahwa mendapatkan kualitas tidur yang baik juga merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini