Rumah Sakit Serasa Hotel Bintang 5, Kurangi Pasien Berobat ke Luar Negeri

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Minggu 10 Oktober 2021 21:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 10 481 2484173 rumah-sakit-serasa-hotel-bintang-5-kurangi-pasien-berobat-ke-luar-negeri-FSNBR2hvi6.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

RUMAH sakit terus membenahi pelayanannya agar pasien tetap bisa nyaman dalam menjalani masa perawatan. Hal ini diperlukan agar masyarakat Indonesia agar tak lagi berobat ke luar negeri.

Tak sekadar bersih, namun juga kelengkapan alat kesehatan serta keramahan para tenaga medisnya.

Bahkan di Indonesia sudah banyak mengusung konsep rumah sakit seperti hotel ataupun mal. Di Jakarta, sudah banyak rumah sakit bintang lima yang bisa memberikan pelayanan memuaskan untuk pasien.

Dikatakan DR. Edhijanto W. Taufik dari Mandaya Royal Hospital Puri (MRHP), rumah sakit di zaman sekarang tak lagi terkesan horor. Bangunannya pun menyesuaikan desain kekinian serta dipadu teknologi canggih.

 Rs

"Saat ini pun banyak rumah sakit yang dikawinkan dengan model mal, hotel, dan residence, sehingga tercipta kesan yang lebih ramah, nyaman, relax, dan homey,“ tutur Edhi lewat keterangannya.

Selain nyaman untuk pasien dalam proses pemulihan, rumah sakit juga harus didesain nyaman bagi keluarga. Mereka juga ikut capek merawat keluarga yang sakit, sehingga bangunannya juga harus friendly buat mereka.

“Dan jangan lupa bahwa ketika ke Rumah Sakit, pasti pasien didamping oleh keluarganya, nah kenyamanan keluarganya ini sering tidak diperhitungkan dalam mendesain rumah sakit," katanya.

Konsep seperti ini ternyata diusung oleh Amerika Serikat. Hal ini diungkapkan Frank McGillin, CEO dari The Clinic Cleveland Clinic.

"Pelayanan rumah sakit menjadi penting, apalagi jika berkolaborasi dengan beberapa fasilitas kesehatan lain yang tak kalah dari luar negeri," ujar Frank McGillin.

Termasuk soal teknologi juga tak kalah dengan rumah sakit yang ada di luar negeri. Baik di AS ataupun Negeri Jiran saja misalnya, alat kesehatan yang canggih dan metode penanganan tepat selalu dicari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini