Bebas Khawatir Saat Bepergian, Ini Trik Jaga Rumah Tetap Aman

Agustina Wulandari , Jurnalis · Senin 11 Oktober 2021 12:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 11 12 2484425 bebas-khawatir-saat-bepergian-ini-trik-jaga-rumah-tetap-aman-DgqO4tbQyl.jpg Ilustrasi. (Foto: Dok.Freepik)

Saat harus meninggalkan rumah dalam jangka waktu cukup panjang, biasanya ada perasaan khawatir karena harus meninggalkan rumah dalam keadaan kosong selama berhari-hari. Agar hati dan pikiran lebih tenang saat bepergian, Anda perlu melakukan beberapa persiapan terkait keamanan rumah.

Berikut ini empat tips yang dapat Anda coba untuk menjaga keamanan isi rumah saat bepergian lama:

1. Gunakan Lampu Otomatis

Salah satu trik paling mendasar dan mudah dilakukan adalah pasang lampu yang bisa menyala dan mati otomatis. Jadi saat malam hari atau ketika langit sudah gelap, lampu di teras menyala. Sementara ketika pagi hari tiba, lampu otomatis mati.

Baca Juga: Ciri-Ciri Rumah Sehat dan Aman untuk si Kecil

Dengan cara seperti ini, rumah dapat terlihat seperti masih ada penghuni setiap harinya. Selain itu, lampu yang bisa otomatis menyala dan mati seperti ini juga bermanfaat bagi kenyamanan Anda. Saat pulang di malam hari, Anda tidak akan lagi disambut dengan kegelapan.

 

Foto: ACE Indonesia


Untuk menjalankan tips yang satu ini, Anda dapat menggunakan Krisbow Bohlam Smart LED 8,5W. Bohlam LED cerdas ini bisa diatur lewat aplikasi SmartKLIC di smartphone. Anda hanya perlu menghubungkan Krisbow Smart LED dengan wifi yang ada di rumah.

Anda bisa mengatur level terang lampu, warna cahaya (putih netral atau warm white), menyalakan dan mematikan lampu dari jarak jauh melalui ponsel. Selain itu di aplikasi SmartKLIC Anda juga bisa membuat jadwal kapan lampu mati dan menyala otomatis setiap harinya.

2. Simpan Dokumen dan Barang Berharga di Brankas

Anda punya dokumen berharga seperti sertifikat rumah, ijazah, akte lahir atau surat-surat penting lainnya di rumah? Atau Anda punya uang tunai, emas, perhiasan serta barang berharga lainnya di rumah?

Pastikan untuk menyimpan semuanya di dalam brankas agar aman dari risiko pencurian. Selain itu pilihlah brankas yang juga tahan air dan api agar aman dari risiko kerusakan karena kebakaran atau banjir.

Foto: ACE Indonesia

Salah satu jenis brankas yang cocok untuk melindungi aset berharga Anda di rumah adalah Brankas Tahan Api Krisbow. Brankas ini dilengkapi sistem penguncian digital dengan kode angka serta kunci manual. Materialnya terbuat dari konstruksi besi solid yang tahan api hingga 1 jam.

Brankas tahan api Krisbow ini memiliki dimensi 38.8 x 48 x 34.4 cm dengan berat 45 kg. Anda dapat menanam brankas pada dinding atau diletakkan di dalam lemari. Khusus untuk member ACE Access atau ACE Rewards, dapatkan harga spesial Rp3.199.000 untuk pembelian produk ini hingga 2 November 2021.

3. Pasang CCTV

Memasang CCTV di rumah bisa membantu Anda mengawasi bagian dalam dan luar rumah dengan maksimal selama 24 jam. Andai terjadi pencurian, rekaman kamera CCTV akan mempermudah Anda melihat pelaku dan momen kejadian sehingga dapat diproses lebih cepat saat melapor ke pihak berwajib.

Adanya kamera CCTV di bagian luar rumah biasanya juga akan membuat pelaku tindak kejahatan lebih segan bertindak. Segera pasang CCTV di rumah Anda agar saat bepergian hati dan pikiran bisa lebih tenang.

Foto: ACE Indonesia


Anda dapat memilih Set CCTV AHD Kris 4 Kamera 1080p H265 8CH yang cocok dipasang di indoor dan outdoor. Dilengkapi lampu IR (infra merah), hasil tangkapan kamera CCTV Kris ini akan lebih maksimal walaupun dalam kondisi minim cahaya.

Keempat kameranya memiliki resolusi 1080p dan setiap set sudah termasuk DVR dengan kapasitas harddisk 1 TB. Setiap set juga sudah termasuk kabel coaxial 18 meter 4 roll, adaptor dan kabel splitter. CCTV Kris berteknologi AHD ini bisa dipantau langsung melalui aplikasi di smartphone.

4. Pasang Detektor Asap

Memasang detektor asap dapat membantu Anda menghindari kerugian dari risiko kebakaran. Fungsinya sebagai peringatan dini kepada penghuni rumah atau bangunan. Salah satu lokasi yang wajib dipasangi detektor asap adalah dapur, di mana pusat gas dan api di rumah berada.

Foto: ACE Indonesia

Anda dapat memasang Detektor Asap Photoelectric Siterwell di langit-langit dapur. Jangkauan detektor ini mencapai 20 s/d 40 meter persegi dengan tingkat kebisingan suara 85 dB . Setiap pembelian detektor asap photoelectric Siterwell sudah termasuk baterai dengan lifetime 10 tahun.

Untuk menyempurnakan sistem pencegahan kebakaran di rumah, Anda dapat menyiapkan APAR (alat pemadam api ringan) di dalam rumah atau di garasi. Jadi ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, api dapat dipadamkan untuk sementara sebelum petugas pemadam kebakaran tiba.

Foto: ACE Indonesia

Anda dapat menemukan berbagai pilihan APAR dari Servvo di ACE. Tersedia ukuran 1 kg, 3 kg dan 6 kg. APAR Servvo dapat memadamkan api tipe A (benda padat), B (cairan dan gas) dan C (listrik).

Itu dia tips agar rumah tetap aman selama ditinggal bepergian. Jangan lupa, Anda bisa memperoleh seluruh produk yang disebutkan di atas di store ACE terdekat, ACE Online atau aplikasi MISS ACE. Gunakan kode kupon ACE10 saat belanja untuk mendapatkan cashback 10% hingga Rp150.000 hingga 13 Oktober 2021.

CM

(Wul)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini