Tips Mencegah Hipoglikemia, Penyakit yang Menyerang Dorce Gamalama

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 11 Oktober 2021 10:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 11 481 2484351 tips-mencegah-hipoglikemia-penyakit-yang-menyerang-dorce-gamalama-6AifWMUzwy.jpg Dorce (Foto: Inst)

RUPANYA yang dialami Dorce Gamalama bisa jadi pembelajaran masyarakat bahwa kondisi kadar gula dalam darah yang rendah bisa sampai menyebabkan seseorang tak sadarkan diri. Itu kenapa Bunda Dorce kini masih ditangani dokter secara intens di rumah sakit.

Sebelumnya, Dorce Gamalama dikabarkan tak sadarkan diri. Tak berselang lama, pihak keluarga membawa sang artis ke rumah sakit dan kini diketahui kondisi kesehatannya terus membaik.

 Dorce

Belajar dari apa yang dialami Dorce Gamalama, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah hipoglikemia muncul di tubuh kita. Diterangkan Dokter Spesialis Saraf Primaya Hospital Bekasi Barat dr Fakhrunnisa, Sp.S, yang sekaligus adalah dokter penanggung jawab Dorce Gamalama, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit ini, khususnya bagi pasien diabetes.

Ya, pasien diabetes adalah kelompok rentan penyakit hipoglikemia. Untuk itu, upaya pencegahan yang bisa dilakukan jika Anda sudah memiliki masalah diabetes, kata dr Fakhrunnisa, ialah lakukan terapi insulin dan konsumsi obat diabetes sesuai dengan dosisnya.

"Selain jalani terapi insulin dan konsumsi obat sesuai dosis, sediakan juga alat pengecek kadar gula darah untuk memantau kadar gula darah secara rutin," saran dr Fakhrunnisa, dalam keterangan resminya, Senin (11/10/2021).

Namun, jika Anda tidak memiliki riwayat penyakit diabetes, upaya pencegahan munculnya masalah hipoglikemia adalah dengan pastikan makan secara teratur dan hindari minuman beralkohol.

"Bila melakukan aktivitas yang menguras energi fisik, jangan lupa beristirahat yang cukup dan pastikan konsumsi makanan dan minuman yang bisa menambah energi," kata dr Fakhrunnisa.

Hipoglikemia sendiri dapat dikenali lewat beberapa gejala yang muncul di tubuh, misalnya cenderung merasa tidak nyaman, tubuhnya lemas, sulit berkonsentrasi, pusing, mengantuk, kelaparan sehingga aktivitas sehari-harinya terganggu.

Lalu, gejala lain yang perlu diwaspadai dan diperhatikan adalah badan gemetar, berkeringat, kebingungan, pandangan mata ganda atau kabur, hilang keseimbangan, mudah marah, bicara tidak jelas, dan masih merasa lelah saat bangun tidur pada pagi hari.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini