Keluarga Punya Kewajiban Antar Lansia untuk Divaksin Covid-19

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Senin 11 Oktober 2021 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 11 481 2484478 keluarga-punya-kewajiban-antar-lansia-untuk-divaksin-covid-19-gub5ADSBJE.jpg Lansia divaksin Covid-19 (Foto: Reuters)

DI tengah pandemi Covid-19 semakin banyak orang yang rela divaksin Covid-19 guna mencegah diri terkena penyakit Covid-19. Sejumlah rumah sakit maupun lembaga ikut serta memberikan vaksinasi Covid-19 kepada warga demi mendukung program pemerintah dalam vaksinasi masal.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi saat meninjau vaksinasi di RS Premier Bintaro menjelaskan, warga harus divaksinasi Covid-19. Bukan hanya untuk warga usia produktif saja, namun terutama juga para lansia.

 Menkes Budi

"Kali ini vaksinasi memakai vaksin Pfizer, vaksin ini sangat penting untuk melindungi kita, terutama untuk orang lanjut usia. Dari data yang dilihat orang-orang yang kena Covid-19 banyak juga yang berusia 60 tahun ke atas," ujar Menkes Budi kemarin.

Jadi, lanjut Menkes Budi, kalau ada kakek dan neneknya yang belum divaksin, maka sebaiknya keluarganya membawanya untuk divaksin Covid-19. "Cepat bawa mereka untuk divaksin, kita harus memprioritaskan warga usia lanjut, kita harus melindungi lansia."

Di tempat yang sama Dokter Prasna Pramita, Sp.PD, -KAI., FINASIM., MARS, Konsultan Alergi Imunologi RS Premier Bintaro menambahkan, sebenarnya mau pakai vaksin Moderna atau Pfizer sama saja. "Kandungannya sama saja, jadi tak usah khawatir sebab isi, tipe, dan efeknya juga sama."

Untuk pasien komorbid, terang Dokter Prasna, sebelum divaksin Covid-19, pasien harus ditangani komorbidnya terlebih dulu. Misalnya darah tingginya terkontrol, diabetes terkontrol. Nah, kalau semua dah terkontrol baik, baru divaksin.

"Pasien komorbid sebelum divaksin Covid-19 harus konsultasi terlebih dulu. Jangan lupa vaksinasi butuh dua kali penyuntikan dengan interval 28 hari dari dosis pertama dan dosis kedua," ujarnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini