Virus Corona yang Masuk Tubuh Tak Bisa Dimatikan Hanya dengan Sinar Matahari

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 11 Oktober 2021 22:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 11 481 2484510 virus-corona-yang-masuk-tubuh-tak-bisa-dimatikan-hanya-dengan-sinar-matahari-o3VlxQeRdj.jpg Berjemur di bawah sinar matahari (Foto: Health magazine)

BEBERAPA waktu lalu masyarakat Indonesia dihebohkan dengan kabar yang menjelaskan bahwa Covid-19 dapat musnah hanya dengan sinar matahari. Kabar tersebut dengan cepat beredar sehingga menimbulkan tanda tanya besar di masyarakat.

Pakar Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda'i, melalui akun Instagram pribadinya @dr.fajriaddai, Senin (11/10/2021) mengatakan faktor yang berpengaruh pada penularan virus tidak hanya dari sinar matahari.

virus corona 

Menurutnya sinar matahari hanyalah salah satu faktor lingkungan saja. Selain itu, faktor lingkungan lain yang lebih berpengaruh adalah polusi udara dan kepadatan populasi penduduk. Ia menambahkan virus yang sudah masuk ke dalam tubuh maka tidak akan bisa dimatikan dengan sinar matahari.

Alhasil perilaku pencegahan dan sistem imun juga berperan dalam penularan Covid-19. Hal ini bisa ditunjukkan bahwa meskipun Indonesia ada di negara tropis yang kaya sinar matahari, Indonesia juga pernah menjadi negara dengan jumlah pertambahan kasus Covid-19 tertinggi di dunia.

Pertambahan kasus Covid-19 yang tinggi tersebut, dapat terjadi karena adanya interaksi dan mobilisasi sosial yang tinggi, abai terhadap protokol kesehatan, cakupan vaksinasi yang belum luas dan merata.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini