4 Barang yang Harus Dibawa Siswa ke Sekolah agar PTM Aman

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 11 Oktober 2021 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 11 481 2484546 4-barang-yang-harus-dibawa-siswa-ke-sekolah-agar-ptm-aman-C4awhcSdkC.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

SEJAK dimulainya kembali Pembelajaran Tatap Muka (PTM), orangtua wajib memberikan perhatian ekstra kepada anak-anaknya agar terhindari dari risiko penularan Covid-19. Selain itu pemahaman tentang pentingnya protokol kesehatan juga harus diberikan kepada anak.

Dalam Acara Live Instagram Okezone ‘Langkah Tepat Pembelajaran Tatap Muka’, Senin (11/10/2021), Dokter Anak, dr. Endah Citraresmi, Sp. A(K), menjelaskan ada beberapa barang (starter pack) yang wajib dipersiapkan anak-anak di bawah usia 12 tahun saat menjalankan PTM, di antaranya:

Sekolah Tatap Muka

1. Masker yang benar yang bisa menutup sampai pinggir. Masker kain perlindungannya kurangm, dan masker medis kekurangannya pinggirannya terbuka. Makanya CDC menyarankan untuk menggunakan masker secara rangkap.

2.  Membawa hand sanitizer

3. Membawa perlengkapan dan peralatan sekolah secara pribadi dan jangan saling pinjam.

4. Minuman dan makanan kecil yang bisa dimakan dengan cepat.

Baca Juga : Pembelajaran Tatap Muka Wajib Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Selain membawa starter pack sebelum PTM. Namun peran orangtua serta guru juga turut berperan aktif untuk memberikan pemahaman dan kebiasaan kepada anak-anak saat melakukan PTM selama masa pandemi Covid-19.

"Kebiasaan itu harus dimulai dari rumah dan tidak bisa disekolah yang hanya beberapa jam saja. Guru memiliki peran yang cukup besar meski waktu bertemunya cuma sebentar. Murid lebih mendengarkan apa kata gurunya karena mereka lebih respect," terang dr. Endah.

Oleh sebab itu pemahaman dari rumah dan sekolah harus memiliki kerjasama yang baik dalam membentuk budi pekerti seorang anak. Termasuk dengan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini