Tips agar Anak Tetap Patuhi Protokol Kesehatan Selama PTM

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 11 Oktober 2021 15:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 11 481 2484567 tips-agar-anak-tetap-patuhi-protokol-kesehatan-selama-ptm-TiKMGCll5B.jpg PTM (Foto: Reuters)

RUPANYA pembelajaran tatap muka (PTM) telah kembali dibuka. Hal ini jadi angin segar bagi para pelajar yang telah jenuh melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama masa pandemi Covid-19. Meski demikian, jika tidak diawasi dengan baik, PTM berisiko menimbulkan ledakan kasus Covid-19.

Dalam Acara Live Streaming Okezone ‘Langkah Tepat Pembelajaran Tatap Muka’, Senin (11/10/2021), Dokter Anak, dr. Endah Citraresmi, Sp. A(K) menjelaskan bahwa ada banyak kesulitan pada anak-anak kecil untuk menjalankan protokol kesehatan (Prokes).

 PTM

"Kalau SMP atau SMU relatif aman karena mereka sudah divaksin, dan mereka sudah paham protokol kesehatan. Tapi anak kecil di bawah 12 tahun mereka belum divaksin, dan anak tersebut tidak tahan untuk memakai masker dengan baik untuk waktu lama," kata Dokter Endah.

Dalam kesempatan tersebut, Dokter Endah pun membagikan beberapa langkah yang tepat untuk menjaga anak tetap mematuhi protokol kesehatan pada saat melakukan PTM di sekolah, di antaranya:

1. Pastikan orangtua beri pemahaman anak tentang pentingnya menggunakan masker.

2. Persiapkan anak dengan masker yang benar dan maskernya tepat untuk anak.

3. Anak paham dan selalu untuk mencuci tangan dan jangan melepaskan masker ketika berada bersama teman.

4. Sekolah harus bekerjasama dengan memfasilitasi. Penularan paling sering indoor, pastikan sekolah memiliki ventilasi yang baik. Nah di Jakarta ini yang sulit karena banyak yang menggunakan AC dan tidak cocok untuk masa pandemi Covid-19. Virusnya jadi muter-muter di ruangan kelas.

5. Untuk anak yang kecil, harus punya cara bagaimana mereka tidak perlu menggunakan masker tapi memberikan opsi mereka menggunakan faceshield dan bermain secara outdoor.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini