83 Kasus Konfirmasi Positif Covid-19 di PON Papua, Menkes Beberkan Penyebabnya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 11 Oktober 2021 16:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 11 481 2484597 83-kasus-konfirmasi-positif-covid-19-di-pon-papua-menkes-beberkan-penyebabnya-psgGpAbouO.jpg Pandemi Covid-19 (Foto: Biotech)

RUPANYA Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua mencatatkan kasus konfirmasi positif Covid-19 sebanyak 83 kasus.

Padahal, di hari sebelumnya, Minggu (10/10/2021), kasus positif di acara olahraga itu tercatat 65 kasus.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menerangkan bahwa penyebaran virus terpusat di beberapa cabang olahraga, misalnya di cabor judo, sepatu roda, motor cross, panahan, dan kriket.

 Menkes Budi

"Konsentrasi kasus juga terjadi di beberapa provinsi asal terutama DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jambi, dan Bali," kata Menkes Budi di konferensi pers virtual, Senin (11/10/2021).

Di kesempatan tersebut, Menkes Budi memaparkan alasan penyebaran virus terjadi. Salah satu poin yang cukup disorotnya adalah tempat penginapan atlet yang dinilai kurang ideal.

"Hasil pengamatan kami, terjadinya penularan ini kemungkinan besar berasal dari tempat penginapan karena memang kamar yang ditempati para atlet itu satu kamar ditempati 4 orang atlet," ungkapnya.

Selain karena lokasi istirahat atlet, penyebaran virus juga terjadi karena kebiasaan makan bersama masih diterapkan di lokasi tempat tinggal atlet. "Dan juga pada saat makan, karena masih dilakukan makan bersama," sambung Menkes Budi.

"Hal ini menjadi catatan agar kedepannya, untuk acara besar lainnya seperti PON Papua, ada perbaikan protokol kesehatan yang bisa kami lakukan," tambahnya.

Selain soal tempat penginapan dan aktivitas makan bersama, Menkes Budi mencatat bahwa disiplin protokol kesehatan di area PON Papua masih bisa ditingkatkan, terutama dengan memberikan wewenang yang lebih besar kepada satgas Covid-19 di daerah.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini