5 Makanan untuk Mempercepat Pertumbuhan Rambut, Beri Nutrisi dari Dalam

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 11 Oktober 2021 19:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 11 611 2484712 5-makanan-sehat-untuk-mempercepat-pertumbuhan-rambut-beri-nutrisi-dari-dalam-WDdpOn4skB.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

SEBAGIAN besar orang menginginkan rambut yang kuat dan sehat, terutama seiring bertambahnya usia. Menariknya, rambut Anda tumbuh sekitar 0,5 inci (1,25 cm) per bulan, dan 6 inci (15 cm) per tahun. Seberapa cepat tumbuh tergantung pada faktor-faktor seperti usia, kesehatan, genetika dan diet.

Meskipun Anda tidak dapat mengubah faktor-faktor seperti usia dan genetika, diet adalah satu hal yang dapat Anda kendalikan. Padahal, mengonsumsi makanan yang kurang nutrisi yang tepat dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Di sisi lain, makan makanan seimbang dengan nutrisi yang tepat dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, terutama jika Anda mengalami kerontokan rambut karena nutrisi yang buruk.

Nah, melansir Healthline, berikut adalah 5 makanan terbaik yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Telur

Telur

Telur adalah sumber protein dan biotin, dua nutrisi yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Makan protein yang cukup penting untuk pertumbuhan rambut karena folikel rambut sebagian besar terbuat dari protein. Kurangnya protein dalam makanan telah terbukti meningkatkan kerontokan rambut.

Berry

Buah beri sarat dengan senyawa dan vitamin bermanfaat yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Ini termasuk vitamin C, yang memiliki sifat antioksidan kuat.

Antioksidan dapat membantu melindungi folikel rambut dari kerusakan akibat molekul berbahaya yang disebut radikal bebas. Molekul-molekul ini ada secara alami di dalam tubuh dan lingkungan.

Baca Juga : Mau Punya Pertumbuhan Rambut yang Baik? Wajib Konsumsi 5 Vitamin Ini

Bayam

Bayam adalah sayuran hijau sehat yang sarat dengan nutrisi bermanfaat seperti folat, zat besi, dan vitamin A dan C, yang semuanya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Bayam juga merupakan sumber zat besi nabati yang bagus, yang penting untuk pertumbuhan rambut. Zat besi membantu sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh untuk memicu metabolisme dan membantu pertumbuhan dan perbaikan.

Ikan berlemak

Salmon

Ikan berlemak seperti salmon, herring, dan mackerel memiliki nutrisi yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Mereka adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik, yang telah dikaitkan dengan pertumbuhan rambut.

Sebuah penelitian pada 120 wanita menemukan bahwa mengonsumsi suplemen yang mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 serta antioksidan mengurangi kerontokan rambut dan meningkatkan kepadatan rambut.

Ubi jalar

Ubi jalar adalah sumber beta-karoten yang hebat. Tubuh mengubah senyawa ini menjadi vitamin A, yang terkait dengan kesehatan rambut yang baik.

Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin A meningkatkan produksi sebum, yang membantu menjaga kesehatan rambut.

Terlebih lagi, vitamin A juga dapat mempercepat laju pertumbuhan rambut dan mendorong pertumbuhan rambut yang lebih tebal, sekaligus mencegah kemunduran folikel rambut lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini