Berapa Lama Anak SD dan TK Boleh Ikuti Sekolah Tatap Muka?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 11 Oktober 2021 18:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 11 612 2484686 berapa-lama-anak-sd-dan-tk-boleh-ikuti-sekolah-tatap-muka-1F3uxJiE6z.jpg PTM. (Foto: Okezone/Arief)

PEMBELAJARAN tatap muka (PTM) telah dimulai kembali. Meski demikian PTM yang berlangsung saat ini masih belum berjalan secara normal. PTM dilakukan dengan jumlah pelajar dan dengan batas waktu tertentu untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Selain itu protokol kesehatan (Prokes) ketat terhadap semua pelajar juga diterapkan selama berlangsungnya PTM. Lantas berapa waktu ideal yang diperlukan untuk melakukan PTM terbatas di sekolah?

Dokter Anak, dr. Endah Citraresmi, Sp. A(K), menjelaskan waktu yang ideal untuk melakukan PTM adalah seberapa lama anak mampu bertahan dengan menggunakan masker. Mungkin bagi anak kecil seperti di taman kanak-kanal atau sekolah dasar hanya diperbolehkan 2-4 jam.

"Tapi untuk anak yang lebih besar seperti SMP atau SMU bisa lebih lama seperti dari jam 7 sampai jam 12 siang. Tapi kalau untuk anak kecil waktu 2 jam ini adalah waktu untuk membiasakan diri untuk menggunakan masker saat berada di sekolah," kata dr. Endah dalam Acara Live Streaming Okezone ‘Langkah Tepat Pembelajaran Tatap Muka’, Senin (11/10/2021).

Dokter Endah menambahkan bahwa durasi sekolah saat ini bisa menjadi waktunya bagi mereka untuk beradaptasi dengan PTM selama masa pandemi Covid-19. Ia menjelaskan bahwa kasus Covid-19 pada anak memang sangat kecil. Meski demikian, tidak seorangpun tahu potensi risiko penyakit menjadi berat atau long covid.

"Intinya harus hati-hati pada saat memutuskan anak untuk pergi ke sekolah. Di satu sisi anak memang butuh bersosialisasi sebab belajar metode daring ini banyak kekurangannya sehingga harus kembali ke sekolah," lanjutnya.

Oleh sebab itu, sudah menjadi keputusan orangtua untuk mempertimbangkan dan mengambil risiko terkait dengan PTM. Jadi sebagai orangtua seseorang memiliki peran yang sangat besar untuk menjaga anak-anaknya agar tetap bisa belajar di sekolah namun tetap aman.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini