Deretan Kulit Buah yang Punya Manfaat Ekstra, Jangan Dibuang Ya

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Selasa 12 Oktober 2021 03:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 12 298 2484817 deretan-kulit-buah-yang-punya-manfaat-ekstra-jangan-dibuang-ya-m7AaCD1QzB.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KULIT buah ternyata menyimpan banyak manfaat ketika dikonsumsi. Ada beragam jenis kulit buah yang bisa dimakan dan diolah dengan cara yang tepat.

Sudah saatnya Anda mengubah perilaku saat memasak agar tak menciptakan limbah makanan. Karena itu, jika mengupas buah, alangkah baiknya kulitnya juga diolah.

Cookpad Global Food Editor Malou Herkes mengatakan, tidak banyak yang tahu, kulit buah juga mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh. Maka masyarakat harus bergerak menuju perilaku mengolah bahan pangan yang lebih minim limbah.

“Menurut FAO, jika limbah makanan diibaratkan sebagai sebuah negara, maka ia merupakan penyumbang emisi gas terbesar ketiga di dunia,” kata Malou dalam acara #masaksetiapbagian.

Nah, ketika makan buah, kini biasakan jangan langsung buang kulitnya. Mulai dari kulit jeruk, tomat, apel dan sebagainya.

Anda perlu tahu kandungan gizi dalam kulit buah tersebut seperti penjelasan berikut.

Kulit jeruk

 jeruk

Kulit jeruk biasa diparut untuk menambah aroma wangi pada masakan atau minuman buah. Selain aromanya yang khas, ternyata kulit jeruk ada senyawa polifenol yang baik bagi tubuh.

Di samping itu, kandungan antioksudan dalam kulit jeruk ini juga tak kalah tinggi dari daging buahnya. Ini bermanfaat untuk menjaga imunitas, mencegah timbulnya radikal bebas hingga menbuat Anda terasa fresh.

"Selain diparut kulitnya, bisa juga dimasukkan ke dalam rebusan saat membuat teh. Jadi ada kandungan zat-zat yang bagus untuk tubuh," ujar Product Specialist Prodia OHI, Brilliantika Resi Febriani S.Gz.,

Kulit semangka

Tahu enggak, bagian putih semangka ternyata baik untuk mencegah penyakit jantung. Begitu juga dengan biji semangka juga berkhasiat kaya akan mineral dan vitamin.

Kulit pisang

Jantung pisang bisa diolah dgn nilai gizi baik. Kulit pisang nyatanya juga bisa diolah. Atau juga bagian jantung pisangnya dengan nilai gizi baik.

"Di kulit pisang sumber karbohidratnya tinggi 18 persen  per 100 gram," kata Resi.

Kulit apel

 apel

Dalam kulit satu buah apel ukuran sedang memiliki sekira 4,4 gram serat. Kulit apel memiliki serat larut dan tidak larut. Namun, ada sekitar 77 persen dari mereka yang merupakan serat tidak larut.

Hal tersebut berfungsi untuk mencegah konstipasi dengan mengikat air dan mendorong limbah pencernaan melalui usus besar. Di sisi lain, serat larut membuat Anda merasa kenyang, mencegah kenaikan gula darah dan memperlambat penyerapan nutrisi serta menurunkan kolesterol.

Resi juga memberikan tips mencuci buah untuk menghilangkan pestisida dan bersih tanpa mengurangi gizinya 

"Pestisida bisa hilang dengan dicuci. Bisa juga ditambah dengan air garam dan zat asam atau cuka alami spt cuka apel. Cara ini bantu hilangkan zat-zat yang menempel di kulit buah," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini