5 Tips Mengatasi Telinga Kemasukan Air

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Selasa 12 Oktober 2021 21:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 12 612 2485013 5-tips-mengatasi-telinga-kemasukan-air-hOuvYlmzY1.jpg Mandi kadang bikin telinga kemasukan air (Foto: Pop sugar)

KITA sering kali tanpa sengaja biasanya membuat telinga kemasukan air, saat berenang atau mandi.

Ini membuat pendengaran menjadi kurang jelas akibat kemasukan air di telinga, kamu juga berisiko menderita infeksi telinga jika air tersebut tidak dikeluarkan.

Seperti dilansir dari Healthline berikut ini sejumlah cara mengeluarkan air dari telinga.

 telinga

1. Gerakkan daun telinga

Cara pertama untuk mengatasi telinga kemasukan air dan tidak bisa keluar adalah menggerakkan daun telinga dengan lembut. Coba lakukan sambil memiringkan kepala ke bawah ke arah bahu. Selain itu, bisa juga dengan menggelengkan kepala dari sisi ke sisi. Melakukan kegiatan tersebut dapat membuat air keluar dari telinga.

2. Biarkan air jatuh karena gaya gravitasi

Air dapat mengalir dengan sendirinya karena gaya gravitasi. Kamu cukup memiringkan kepala yang dibalut handuk ke arah bahu, dan tunggu beberapa menit, perlahan air pun akan mengalir keluar dan terserap di handuk. Cara ini dapat mengatasi telinga kemasukan air yang tidak bisa keluar.

3. Buat ruang hampa di telinga

Metode ruang hampa akan membuat air keluar dari telinga. Cara mengatasi telinga kemasukan air ini cukup mudah. Pertama, miringkan kepala ke samping, kemudian tutup telinga rapat-rapat dengan tangan. Setelah itu, dorong perlahan tangan kamu ke depan dan ke belakang di telinga dengan gerakan cepat. Setelah didorong, miringkan kepala ke samping dan biarkan air mengalir keluar.

4. Gunakan pengering rambut

Cara mengatasi telinga kemasukan air yang tidak bisa keluar selanjutnya adalah menggunakan pengering rambut. Panas dari pengering rambut dapat membuat air di dalam telinga menguap. Nyalakan pengering rambut dengan pengaturan suhu yang paling kecil, lalu arahkan ke telinga dengan gerakan maju mundur. Udara hangat yang masuk akan membuat air di dalam telinga menguap dan menghilang dengan sendirinya.

5. Tambahkan beberapa tetes air

Menambahkan air dapat memancing air yang terdapat di dalam telinga untuk keluar. Caranya, masukan beberapa tetes air lalu segera miringkan kepala ke samping. Lakukan kegiatan itu beberapa kali sampai air yang di dalam telinga keluar semua.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini